in

Petakan Titik Kemacetan, Polda Jateng Akan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas saat Lebaran

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Sonny Irawan (dok).

HALO SEMARANG – Sejumlah titik-titik kemacetan di Jawa Tengah sudah dipetakan oleh Ditlantas Polda Jateng. Pihak kepolisian mengaku bakal melakukan rekayasa lalu lintas saat lebaran untuk mengurai kemacetan.

“Ada lima jalur yang digunakan oleh pemudik mulai dari jalur Tol Trans Jawa, jalur Pantura, jalur Tengah, jalur Selatan dan jalur Selatan-Selatan. Tapi yang kamu prioritaskan jalan tol dan pantura,” ujar Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Sonny Irawan, Kamis (28/3/2024).

Ia mengatakan, titik kemacetan di Jalur Tengah yakni berada di antara Pejagan-Dermoleng-Klonengan di Kabupaten Brebes. Titik tersebut menjadi simpul kemacetan karena ada banyak UMKM, SPBU dan rumah makan.

Kemudian di jalur Tol, titik kemacetan berada di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Ia memprediksi akan ada ribuan kendaraan yang masuk per jam melalui gate tol ini.

“Kalau tol tentu yang menjadi sentral kita perhatian pintu masuk kalikangkung karena nanti konsepnya adalah dari KM 72 Cikatama itu akan dilakukan one way nasional tanggal 5 April 2024. Dan masuk ke Kalikangkung data untuk tahun ini 71.900 atau kenaikan 4,4 persen lintasan perjam tahun lalu 4500 tahun ini 5000 kendaraan,” terangnya.

Kemudian di Jalur Pantura yang perlu diwaspadai adalah potensi banjir yang terjadi di Pantura Kaligawe Semarang dan Pantura Demak Kudus. Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas apabila banjir merendam jalur tersebut.

“Jadi prirotas banjir di Pantura kaligawe dan Karangayar kita sudah siapkan 3 jalur alternatif kalau seandainya Kaligawe banjir kita akan lewatkan ke Woltermongsidi lalu Sayung lalu di lingkar selatan lalu Simpang Trengguli lalu masuk ke Mijen, Welahan, Jetak Gotri lalu sampe Kudus. Kemudian alternatif kedua kalau Mijen banjir kita alihkan ke Godong, Karangawen, Purwodadi lalu ke Blora,” imbuh Sonny.

Sedangkan di jalur Selatan yang menjadi perhatian adalah minimnya lampur penerangan jalan. Pihaknya sudah meminta Dinas Perhubungan untuk menambah lampu penerangan di jalan tersebut. Sonny meminta masyarakat atau pemudik untuk mematuhi seluruh aturan lalu lintas dan imbauan dari petugas di lapangan demi kelancatan mudik.

“Kalau lingkar selatan yang jadi perhatian kita adalah rambu-rambu penerangan yang masih sangat minim. Kita sudah bersurat ke dishub untuk dilakukan penerangan secara maksimal,” tutur Sonny. (HS-06)

Jelang Hari Raya, Pj Bupati Pati Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Gelar Rakor Penanganan Lebaran 2024, Kapolda Jateng Tekankan Pengamanan Jalur Mudik dan Peredaran Petasan