in

Pesta Gol ke Gawang Nepal, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Pemain Indonesia merayakan gol ke gawang Nepal pada matchday ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

HALO SPORT – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Nepal dengan skor telak 7-0 pada matchday ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Tujuh gol Indonesia dilesakkan Dimas Drajad (6), Witan Sulaeman (43 dan 81), Fachruddin Aryanto (53), Saddil Ramdani (54), Elkan Baggott (79), dan Marselino Ferdinan (90).

Hal ini menjadi prestasi membanggakan setelah sekian lama Timnas Indonesia tak mampu lolos ke Piala Asia. Terakhir kali Indonesia mampu lolos pada tahun 2007 lalu. Indonesia saat itu menjadi tuan rumah bersama beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Di laga tersebut, Indonesia tampil menekan sejak menit awal karena membutuhkan banyak gol untuk mengejar agregat agar bisa lolos menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik.

Pada menit keenam, Indonesia langsung memimpin 1-0 melalui gol strikernya, Dimas Drajat. Bola umpan silang dari Asnawi Mangkualam berhasil disambut dengan sundulan Dimas Drajad, yang membuat kiper Nepal, Deep Karki, tak berkutik.

Nepal mulai berakasi cepat terhadap gol tersebut. Beberapa kali peluang didapat pemain Nepal, namun Nadeo Argawinata masih bisa mengamankan bola dari terjangan lawan.

Indonesia punya peluang bagus di menit ke-20. Sebuah umpan tarik mampu disambar Witan Sulaeman, namun laju bola masih terlalu lemah hingga dengan mudah diamankan kiper.

Hingga pertengahan babak pertama, Indonesia masih lebih banyak mengusai bola dibanding Nepal.

Napal harus bermain dengan 10 orang di menit ke-32. Suman Aryal diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Asnawi Mangkualam.

Indonesia nyaris menggandakan skor di menit ke-34. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Kiper lawan sudah mati langkah, namun bola melebar tipis di sisi gawang.

Peluang Indonesia kembali terbuang di menit ke-40. Bola tembakan Pratama Arhan dari sisi kotak penalti melebar tipis dari target.

Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43. Skema umpan tarik dari Asnawi yang kemudian Dimas melakukan dummy agar bola mampu disambar Witan Sulaiman. Witan pun mengeksekusi bola dengan baik dan berbuah gol kedua Timnas Indonesia.

Gol ketiga nyaris didapat Indonesia pada menit ke-45. Witan melakukan umpan tarik kepada Dimas, namun bola yang ditendang arahnya masih melebar tipis di sisi gawang. Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Indonesia masih dominan di awal babak kedua. Peluang emas bahkan hadir di menit ke-51 saat bola tembakan Muhammad Rafli dari posisi yang sangat bebas masih tepat mengarah ke kiper.

Indonesia memimpin 3-0 di menit ke-53. Fachruddin Aryanto melesakkan gol setelah menyambar bola sepak pojok, yang gagal diblok dengan mulus oleh pemain Nepal.

Hanya butuh satu menit Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Umpan Rafli ke kotak penalti langsung disontek oleh Saddil Ramdani yang menghasilkan gol keempat.

Elkan Baggott menambah gol kelima untuk membawa Indonesia di menit ke-79. Dia sukses melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah melihat kiper Nepal dalam poaisi yang kurang bagus.

Semenit berselang, Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 6-0. Pemain Nepal melakukan kesalahan hingga bola bisa direbut Ricky Kambuaya, yang kemudian mengoper ke Witan untuk menari-nari di kotak penalti sebelum melesakkan gol.

Marselino Ferdinan menutup laga ini untuk membawa Indonesia menang 7-0. Golnya tercipta setelah menyambar umpan tarik dari Rafli di penghujung laga.

Tak ada gol tambahan sampai laga diakhiri oleh wasit. Indonesia menang dan lolos ke Piala Asia 2023.(HS)

Pemerintah Diminta Segera Atasi Persoalan Naiknya Harga Kebutuhan Pokok

Kolaborasi Karang Taruna dan Pemdes, Wujudkan Desa Maju yang Kondusif