in

Pesonas Pertama Digelar di Semarang, BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Seluruh Atlet dan Panitia

Suasana opening ceremony kegiatan PeSoNas 2022 yang dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali di Holy Stadium, Semarang, Senin (4/7/2022).

HALO SEMARANG – Sebanyak 1.724 atlet penyandang disabilitas dari 12 cabang olahraga akan dilindungi BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dalam Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang digelar mulai hari Minggu hingga Jumat, 3-8 Juli 2022 di Semarang. Pesonas adalah ajang kompetisi olahraga dan kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga, dan pemuda Special Olympics Indonesia (SOIna), pemeriksaan kesehatan, serta berbagai bentuk inovasi lain.

Deputi Direktur Wilayah Kanwil Jawa Tengah dan DIY BPJAMSOSTEK, Cahyaning Indriasari dalam keterangannya saat pembukaan Pesonas mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh kegiatan tersebut dengan menjamin seluruh atlet dan panitia yang sudah didaftarkan menjadi peserta.

“Masyarakat kita yang bertalenta khusus ini harus mendapat perhatian dari pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan agar mereka hidup dengan tenang, bahagia dan mandiri yaitu dengan terdaftar dan terlindungi oleh program jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu BPJAMSOSTEK melindungi 2.510 tenaga kerja yang terdiri dari atlet, pelatih, wasit juri, volunter dan panitia,” ujar Cahyaning, Selasa (5/7/2022).

Pesonas merupakan pembaruan dari Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang rutin digelar setiap empat tahun sekali, sebagai wahana pembinaan dan menyaring talenta-talenta baru dari kalangan atlet penyandang disabilitas.

Cahyaning menambahkan, menurutnya atlet dan panitia kegiatan tersebut juga memiliki risiko yang dapat terjadi pada saat pelaksanaan maupun dalam kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

“Risiko atlet dan official itu harus cepat recover, sehingga membutuhkan treatment terbaik dengan biaya yang tinggi. Di situlah kami hadir, karena atlet adalah bagian dari profesi, maka ketika terjadi kecelakaan dalam latihan atau pertandingan, perawatan dicover tanpa batas biaya sampai dengan sembuh. Dan itu jadi hal krusial karena mereka harus segera pulih dengan kondisi yang tidak boleh berkurang,” lanjut Cahyaning.

Dirinya mengapresiasi pengurus SOIna dan juga penyelenggara Pesonas yang aktif berkolaborasi untuk mensukseskan kegiatan ini. “Selamat dan sukses untuk pelaksanaan Pesonas tahun 2022,” tambahnya.

Hadir langsung dalam pembukaan Pesonas, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam keterangannya Zainudin Amali sangat mengapresiasi Jateng yang menjadi tuan rumah acara ini. Terlebih setelah ini Jateng juga akan menjadi tuan rumah ASEAN Paragames.

“Jateng luar bisa menjadi penyelenggaraan Pekan Spesial Olimpik Nasioal. Nanti akhir bulan ini sampai dengan bulan depan, 30 Juli sampai dengan 11 Agustus, Jawa Tengah juga menjadi tuan rumah ASEAN Paragames,” lanjutnya.

Selanjutnya Ganjar Pranowo dalam sambutannya berharap agar para peserta berkompetisi dengan sportif. Baik yang menang dan yang kalah juga harus menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Dirinya juga mengapresiasi para panitia yang dapat mewujudkan PeSOnas 2022 di Jateng dapat diikuti sekitar 22 Provinsi dari seluruh Indonesia.

“Saya harap betul besok tandingnya sportif, Yang kalah nggak boleh nangis, yang kalah nggak boleh jumawa karena kita semua bersaudara,” pungkasnya.(HS)

Warga Teriaki Ganjar Saat Dampingi Kunker Jokowi: Pak Ganjar Koyo Arjuno, I Love You Full

Para Pelaku UMKM di Kendal Diberikan Pelatihan Digitalisasi