in

Pesantren di Boyolali Dapat Vaksinasi Covid-19, Santri Dapat Jadi Pahlawan Kekinian

Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald Febriano Siwabessy bersama pimpinan Ponpes Al-Huda Doglo Boyolali KH Habib Ikhsanudin meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi santri dan tenaga pendidik. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Beragam upaya dilakukan pemerintah untuk segera membebaskan Indonesia dari Covid-19.

Selain gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, pemerintah juga berupaya agar herd immunity atau kekebalan populasi segera tercapai melalui vaksinasi massal di berbagai daerah.

Itu pula yang dilakukan Kodim 0724 Boyolali, bersama Polri, dan Pemkab ketika menggelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Huda Doglo, Candi Gatak, Kecamatan Cepogo, Rabu (21/7).

Vaksinasi massal dilakukan pada para santri ini, diharapan dapat memperkuat daya tahan para generasi penerus tersebut, terhadap Covid-19. Hal itu sekaligus untuk memotivasi warga masyarakat lainnya, agar bersedia divaksin.

Komandan Kodim (Dandim) 0724 Boyolali Letkol Arm Ronald Febriano Siwabessy, mengatakan vaksinasi di Ponpes Al Huda adalah sebagai awal pelaksanaan vaksinasi massal di seluruh pesantren di Boyolali.

Untuk tahap pertama di ponpes itu, vaksinasi dilakukan pada 400 orang. Namun demikian pada tahap selanjutnya, jumlah itu akan bertambah hingga 1.000. Adapun untuk gelombang kedua, dilaksanakan Kamis (22/7) hari ini.

Ditambahkan Ronald, setiap hari jajaran Kodim 0724 Boyolali, akan memberikan vaksinasi kepada 1.000 orang santri di ponpes-ponpes di wilayah Kota Susu ini.

Menurutnya, santri adalah sasaran yang tepat untuk menjadi inisiator pelaksanaan vaksinasi massal, karena mereka sudah ditanamkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme, sehingga bisa menjadi pahlawan-pahlawan kekinian.

“Dengan cara kita mau memberi diri kita untuk divaksin, agar tidak berpotensi untuk terkena virus corona ataupun mencegah virus corona kepada masyarakat dan lingkungan keluarga kita,” kata Ronald.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Al Huda KH. Habib Ichsanudin sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi yang menyasar para santrinya. Dengan adanya kegiatan tersebut, membuktikan bahwa pemerintah bersungguh-sungguh dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada TNI Angkatan Darat yang mempelopori ke pondok-pondok pesantren. Perhatiannya sangat kami ucapkan terima kasih, semoga nanti di kelak kemudian para santri sehat wal afiat. Dan akhirnya nanti besok akan menjadi orang-orang yang bertanggung jawab dengan Negara serta bangsa khususnya kesetiaan kepada NKRI,”  ungkapnya.

Ponpes Al Huda adalah salah satu ponpes ternama di Kabupaten Boyolali, dengan jumlah santrinya sekitar 700 orang. Namun karena beberapa hal, hanya sekitar 400 orang yang bermukim di Ponpes Al Huda, yang terdiri dari 250 santri putri dan 150 santri putra. Habib mengaku, sampai saat ini masih banyak mendapatkan permintaan untuk menerima santri di Ponpes miliknya. Namun karena situasi pandemi Covid-19, terpaksa belum sanggup untuk lebih banyak menampung santri lagi. (HS-08)

Share This

Sri Mulyani Berharap Tak Muncul Klaster Kurban

Boyolali Perpanjang Pendaftaran CPNS, Harap Jaring Lebih Banyak Pelamar