in

Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT ke-26 Digelar Secara Virtual

Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IMG-GT ke-26 secara virtual, Kamis (26/11/2020).

 

HALO SEMARANG – Meteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparman memimpin Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IMG-GT ke-26 secara virtual, yang dihadiri oleh Mentri Dato’ Sri Mustapa Mohamed dari Malaysia dan Menteri Arkhom Termpittayapaisith dari Thailand, Kamis (26/11/2020).

Selain membahas tentang collective action tentang Covid-19 di Kawasan IMT-GT, pertemuan juga memberikan arahan tentang percepatan proyek infrastruktur (physical Project Connenctivity) yang bernilai USD 51 billion.

Proyek Trans Sumatera yang masuk dalam Economic Corridor (3) IMT-GT, termasuk yang dibahas.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melaporkan tentang perkembangan berbagai proyek infrastruktur IMT-GT di daerah segitiga pertumbuhan IMT-GT, pemberdayaan pengusaha lokal yang tergabung dalam Joint Business Council, dan pengembagan human capital melalui peningkatan peran perguruan tinggi.

“Sebagai informasi, kami sampaikan, terdapat 27 Universitas yang tergabung dalam IMT-GT University Network (UNINET) dan hampir semua perguruan tinggi publik di Sumatera anggota dari IMT-GT UNINET ini,” ungkap Gubernur Sumatera Barat.

Outcome pertemuan yang segera direalisasikan adalah, IMT-GT E-Commerce Platform (by 2021) to strengthen digital trading, Framework of Cooperation (FOC by 2021) untuk memperlancar cross borer trade and Investment di 3 negara, dan travel bubble secara bertahap untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata post Covid-19.

“Semoga opportuniti subregional ini dapat dioptimalkan untuk percepatan pemulihan ekonomi post Covid-19,” tukas Irwan Prayitno.(HS)

Share This

24 Wartawan Ikuti Uji Kompetensi di PWI Jateng

Anggap Kelas Berat Tahun Ini Membosankan