Pertarungan Seru antara Guru dan Murid

Marcelo Bielsa (kiri) dan Pep Guardiola/dok.

 

HALO SPORT – Manchester City yang sedang dilanda krisis striker akan bertandang ke markas Leeds United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Elland Road, Sabtu (3/10/2020) mulai pukul 23.30 WIB. Ini bakal menjadi pertarungan seru antara guru dan murid.

Manajer Leeds, Marcelo Bielsa (65) adalah guru Pep Guardiola (49), juru taktik The Citizens. Selain mentor, Bielsa merupakan idola buat Pep.

Pep pernah berguru pada El Loco. Dia rela terbang ke Argentina untuk bersua Bielsa yang kala itu sedang menganggur selama dua tahun selepas mengantarkan Timnas Argentina meraih medali emas Olimpiade 2004.

Ketika bertemu El Loco, Guardiola banyak berbincang soal sepak bola. Dia kemudian semakin yakin dan menjadikan Bielsa sebagai panutan sejak pertemuan tersebut.

Pep lantas menjalin hubungan baik dengan Bielsa dan kerap meminta saran kepadanya. Mereka pernah saling berjibaku di LaLiga saat Guardiola membesut Barcelona dan El Loco menangani Athletic Bilbao.

Kendati begitu, Bielsa enggan disebut sebagai mentor dari Pep menjelang duelnya di Elland Road. Dia malah memuji mantan pelatih Bayern Munich ini sebagai sosok pelatih yang revolusioner.

‘’Jika ada pelatih yang punya ide-ide segar itu adalah Guardiola. Bukan cuma saya yang mengatakannya, itu karena timnya bermain tidak seperti tim lain. Dia sosok yang sangat imajinatif,’’ ungkap Bielsa seperti dikutip Sky Sports.

‘’Dia secara instan mampu menciptakan solusi untuk masalah yang dia hadapi. Dia juga sanggup menerapkan hal-hal yang direncanakannya,’’ paparnya.

Yang pasti, El Loco ingin memberi kekalahan buat City. Sebaliknya, Pep bertekad kembali ke jalur kemenangan setelah dipermak Leicester City 2-5.

‘’Tak ada manajer lain di dunia yang bisa menduplikasi caranya. Saya belajar banyak tentang gaya permainan dan apa yang dihasilkan Bielsa. Sosok luar biasa nan spesial,’’ tutur Pep.(HS)

 

Perkiraan Susunan Pemain

Leeds (4-1-4-1): Meslier; Dallas, Cooper, Koch, Ayling; Phillips; Costa, Alioski, Klich, Poveda-Ocampo; Bamford

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Mendy, Laporte, Dias, Walker; Rodri, Fernandinho; Mahrez, De Bruyne, Ferran; Sterling.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.