in

Persoalan RTLH di Wonogiri Perlu Segera Diselesaikan

Sriyanto Saputro bersama warga membahas soal RTLH di Baturetno Wonogiri, Kamis (9/12). (Foto : DPRD.jatengprov.go.id)

 

HALO WONOGIRI – DPRD Provinsi Jateng perlu segera mendorong dinas-dinas terkait di Pemprov Jateng, untuk segera menyelesaikan persoalan rumah tak layak huni (RTLH).

Perhatian pada RTLH itu, disampaikan anggota DPRD Provinsi Jateng dari Fraksi Gerindra, Sriyanto Saputro, dalam kegiatan menjaring dan menyerap aspirasi masyarakat, di Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Kamis (9/12).

“Terkait RTLH di beberapa daerah di Wonogiri, terutama di daerah Giriwoyo dan Baturetno, banyak masukan dari warga yang menanyakan tentang hal tersebut. Itu menjadi lecutan bagi kami DPRD, agar segera mendorong dinas-dinas terkait, untuk mengindahkan aspirasi dari warga terkait RTLH,” kata seperti dirilis DPRD.jatengprov.go.id.

Pemecahan masalah terkait RTLH tersebut, menjadi salah satu upaya yang harus diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk mengentaskan kemiskinan.

Selain itu, selama pandemi ini persoalan RTLH menjadi yang utama di masyarakat karena rumah sebagai tempat bernaung harus menjadi tempat yang layak sebagai hunian.

Sriyanto menambahkan, jika dilihat dari faktor kesehatan, sanitasi, kebersihan, dan pembuangan, hunian warga harus di tata sesuai kelayakan standarisasi rumah hunian. Untuk itu, persoalan RLTH masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah yang perlu diselesaikan.

“Kita harus segera membenahi RTLH sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan rumah yang ditempati harus memenuhi kelayakan kesehatan. Apalagi selama pandemi ini, sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian kepada masyarakat tidak mampu untuk pembenahan RTLH menjadi RLH (rumah layak huni),” kata Wakil Ketua Komisi C  itu. (HS-08)

Kunjungi Festival UMKM-IKM Kendal, Eros Jarot: Kegiatan Seperti Ini Jangan Sampai Dipolitisasi

Lebih dari 2.500 Orang Bakal Ikuti Pesonas 2022 di Jateng