in

Persoalan DKPP yang Putuskan KPU Langgar Kode Etik Pencalonan Gibran, Ini Tanggapan Anies

Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan di Kota Semarang, Senin (5/2/2024) malam.

HALO SEMARANG – Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan memberikan tanggapan soal Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memberi putusan terhadap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari.

 

Seperti diketahui, Ketua KPU mendapat sanksi berupa peringatan keras terakhir terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden nomor urut 02. Selain Hasyim, anggota KPU RI lainnya, yakni Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Idham Holik, dan M Afifuddin, juga dijatuhi sanksi peringatan.

 

“Prinsip yang kita semua sadari sejak lama, becik ketitik olo ketoro, leres mboten? semua yang sifatnya baik nanti akan terlihat, oleh semua yang sifatnya buruk nanti akan terlihat,” kata Anies di Kota Semarang, Senin (5/2/2024) malam.

 

Anies juga sudah berulang kali menyampaikan tentang pentingnya etika. Ia juga mengapresiasi DKPP yang berani memutuskan pelanggaran etik dalam pencalonan Gibran.

 

“Saya menyampaikan apresiasi kepada DKPP yang berani mengungkap yang senyatanya. Dan ini sekaligus juga sebagai pengingat, ini adalah alarm,” paparnya

 

Kedepan, Anies meminta untuk tidak ada lagi permasalahan semacam ini. Menurutnya, keburukan apapun sudah tidak bisa disembunyikan lagi.

 

“Sembilan hari lagi pemilu jangan sampai nanti di hari pemilu dan sesudah hari pemilu muncul masalah-masalah seperti ini. Karena tidak ada yang bisa disembunyikan lagi, seperti yang tadi saya sampaikan Becik Ketitik, Ala Ketara. Jadi itu peringatan bagi semua jangan sampai ada pelanggaran,” imbuhnya. (HS-06)

Percaya dengan Arah Pengembangan Honda

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Selasa (6/2/2024)