in

Persiapan PTM, 300 Pelajar di Karanganyar Mulai Divaksin

Siswa SMP Negeri 1 Karanganyar Mengikuti Vaksinasi. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar akan menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal, kepada 300 pelajar sebagai persiapan pembelajaran tatap muka (PTM),

Siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar, mendapatkan giliran pertama mengikuti vaksinasi, yang diselenggarakan di vaksin center PMI Karanganyar.

“Sasaran vaksinasi untuk 300 orang untuk usia 12 tahun ke atas, yang datanya diperoleh dari pihak sekolah dan yang menentukan juga pihak sekolah,“ kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Karanganyar, Dwi Rusharyati, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Dwi menuturkan bahwa vaksinasi bagi pelajar, dilakukan secara bertahap, diprioritaskan untuk siswa yang akan mengikuti simulasi atau PTM secara terbatas.

Sebelumnya, SMP Negeri 1 Karanganyar telah menggelar uji coba PTM pada April 2021 lalu. Namun karena kasus Covid-19 mengalami lonjakan, akhirnya dihentikan sementara.

“Pekan ini hingga Jumat sudah full (data sasaran vaksin bagi pelajar). Minggu depan kami menunggu data sasaran yang telah disiapkan,” ucapnya.

Dia mengimbau kepada orang tua atau wali murid yang mengantar anaknya, supaya dibatasi satu orang saja, guna menghindari kerumunan.

Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati menambahkan pihaknya mempersiapkan total 20 ribu dosis vaksin Sinovac untuk pelajar. Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung kelancaran proses PTM terbatas, yang akan dimulai, Senin (13/9).

Menurut dia, Satgas Covid-19 sudah menyiapkan strategi vaksinasi siswa. Program vaksinasi khusus pelajar tersebut, juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar.

“Memang ada rencana untuk vaksinasi siswa yang akan melaksanakan PTM terbatas. Kami prioritaskan yang sekolahannya sudah dipastikan melaksanakan PTM terbatas. Sisanya kami masih menunggu data dari sekolah yang akan melaksanakan simulasi PTM,” jelasnya.

Siswi Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanganyar, Naila Puri Ramadani menyambut baik adanya vaksinasi untuk persiapan PTM mulai pekan depan, mengingat dengan adanya vaksinasi akan ada perlindungan terhadap tubuh dari Covid-19.

“Bagus-bagus aja sih, kan bisa melindungi dari virus,” kata dia.

Hal sama juga disampaikan, Sumin (42) orang tua murid, ketika mengantar putrinya mengikuti vaksinasi. Dia mendukung kegiatan vaksinasi bagi pelajar sebelum dilakukannya PTM.

Lebih lanjut sebagai orang tua murid, harapannya PTM segera dimulai karena ada beberapa kendala baginya terkait pembelajaran yang dilakukan secara daring. “Kendalanya banyak, tidak bisa ngajari tidak bisa mengawasi. Malah jadi guru, pelajaran zaman sekarang kan beda dengan pelajaran zaman dulu,” terangnya. (HS-08)

Share This

Tinjau PTM di UNS, Gibran Minta Protokol Kesehatan Diperketat

Akan Dijadikan Museum, Bupati Minta Tanah Monumen RRI di Balong Diserahkan ke Pemkab Karanganyar