in

Persiapan Porprov 2023, KONI Jateng Gelar Rakor Pelaksanaan Pembukaan di Grobogan

Rapat koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pembukaan Porprov 2023, di Kantor KONI Grobogan, Selasa (9/5/2023).

HALO GROBOGAN – Porprov Jateng 2023 akan digelar di enam kabupaten di wilayah eks-Karesidenan Pati (Pati Raya), 5 – 11 Agustus 2023 mendatang. Untuk pengambilan api Porprov akan dihitung mundur sebelum pembukaan, yakni 2 Agustus 2023.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) KONI Jateng, Ahmad Ris Ediyanto atau yang akrab disapa Ade Oesman dalam rapat koordinasi (Rakor) di Kantor KONI Grobogan, Selasa (9/5/2023).

Dalam rakor, Sekum KONI Jawa Tengah didampingi Wasekum I, Siswo Abadi dan Kabid Media – Humas KONI Jateng, Darjo Soyat. Hadir Ketua KONI Grobogan, Faturrahman, Ketua KONI Blora, Herry Setiyono, Ketua KONI Pati, Mustamaji, Wakil KONI Rembang, Purwadi, dan utusan KONI Kudus, Yusdi. Sedangkan pengurus KONI Jepara absen.

Dalam rilis yang diterima halosemarang.id, Rabu (10/5/2023), Ade Oesman mengatakan, pengambilan api akan dilakukan pada 2 Agustus 2023 dari sumber api abadi Mrapen yang direncanakan akan diambil oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Kemudian, api dari Mrapen tersebut akan diterima oleh dua atlet kebanggan Grobogan, Aris Susanti (panjat tebing) dan Irfan Tonui Saputra (tolak peluru), yang kemudian dinyalakan pada dua obor dan diserahkan kepada tim KONI Jateng.

“Selanjutnya, satu obor dibawa ke perbatasan Grobogan – Kudus, dan satu lainnya dibawa ke perbatasan Grobogan-Blora. Dalam perpindahan tersebut, menjadi kewajiban KONI sebagai penerima untuk menyediakan fasilitas dan menyiapkan acara seperlunya,” kata Ade Oesman.

Berikutnya kedua api itu dibawa ke pendapa Kabupaten Kudus dan Blora untuk diinapkan semalam. Baru pada pagi harinya, yaitu 3 Agustus 2023, KONI Kudus melakukan pengantaran api ke perbatasan Jepara.

“Hal yang sama dilakukan oleh KONI Blora mengantar ke perbatasan Rembang. Dan seterusnya, api dibawa pendapa Kabupaten Jepara dan Rembang untuk diinapkan semalam,” lanjut Ade Oesman.

Kemudian pada 4 Agustus 2023, KONI Jepara dan Rembang membawa api ke perbatasan Pati. Khusus di perbatasan Pati ini, akan dirancang sedemikian rupa sehingga kedua api dari Jepara dan Rembang tiba di titik 1 kilometer sebelum pendapa Kabupaten Pati datang bersamaan.

“Saat itu, kedua api akan disatukan lagi dalam satu obor untuk diserahkan kepada Bupati Pati. Api inilah yang akan menjadi sumber untuk penyalaan qaldron Porprov pada 5 Agustus 2023,” jelas Ade Oesman.

Sementara itu, untuk kegiatan pengambilan api Porprov 2023, KONI Jateng mempercayakan kepada Sultan Event Organizer, untuk mengelola acara.

Titis Bowo selaku event organizer menyebut, dalam ritual pengambilan api Porprov juga akan dilakukan pentas budaya dan acara lain. ”Kami siap menjalankan tugas dari KONI untuk menyukseskan pengambilan api Porprov,” ujarnya.(HS)

PB Djarum Ditantang Jaya Raya di Semifinal U-17 Putri Polytron Superliga Junior 2023

Ketika Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf Penasaran Isi Mobil Ganjar Pranowo