in

Persiapan Pengamanan Pemilu, Kapolresta Surakarta Cek Sarpras

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi mengecek sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pengamanan Pemilu 2024, Jumat (20/10/2023). (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi didampingi Wakapolresta AKBP Catur Cahyono Wibowo, mengecek sarana dan prasarana (Sarpras) yang akan digunakan untuk pengamanan Pemilu 2024, Jumat (20/10/2023).

Pengecekan antara lain dilakukan pada kendaraan dinas (randis) Polri, termasuk mobil, sepeda motor, hingga sepeda patroli.

Kapolres juga mengecek peralatan lain miliki Polres Surakarta, yang akan digunakan selama masa Operasi Mantap Brata Candi 2023 – 2024.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta terlihat mengecek seluruh bagian kendaraan dari mulai kemudi hingga mesin untuk memastikan kondisinya siap digunakan dalam pengamanan Pemilu 2024.

Kapolresta Surakarta mengatakan, dari hasil pengecekan tersebut seluruh sarpras hingga randis Polri, dipastikan kondisinya layak dan siap digunakan untuk mengamankan pesta demokrasi di kota Surakarta.

“Pengecekan sarpras dan kendaraan dinas tersebut merupakan rangkaian persiapan Operasi Mantap Brata 2023 – 2024 yang dilaksanakan mulai 19 Oktober 2023,” ujarnya.

Melalui pengecekan ini, pihaknya ingin memastikan seluruh sarana dan prasarana yang ada siap digunakan.

“Dari hasil pengecekan pun dipastikan seluruh aspek kendaraan dinas Polresta Surakarta kondisinya laik dan siap digunakan untuk pengamanan Pemilu 2024,” tegasnya.

Menurut dia, seluruh sarpras yang tersedia, bakal dikerahkan untuk mengamankan pesta demokrasi pada tahun depan di wilayah kota Surakarta.

Pihaknya mengakui, pentingnya memastikan kesiapan seluruh sarpras dalam menjelang periode tahun politik yang menuntut diperketatnya keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami harus menyiapkan segala sesuatunya semaksimal mungkin termasuk sarprasnya, sehingga Pemilu 2024 di kota Surakarta berjalan aman dan lancar,” kata dia.

Praoperasi

Selain pengecekan sarana dan prasarana, Polres Surakarta juga menggelar latihan pra Operasi (Lat Pra Ops) dengan sandi operasi “Mantab Brata Candi 2024”, di aula Wirasastya’96 Polresta Surakarta, Jumat (20/10/2023).

Latihan Praoperasi dibuka dan dipimpin Wakapolresta Surakarta, AKBP Catur Cahyono Wibowo, didampingi Kabagops Kompol Sutoyo dan dihadiri para Kasatgas, Kasubsatgas dan personel Polresta Surakarta, yang terlibat dalam Operasi Mantab Brata Candi 2024.

Wakapolresta Surakarta, AKBP Catur Cahyono Wibowo, mengatakan latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan personel Polri, dengan membekali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, dalam melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.

“Bahwa Operasi Mantap Brata 2024 adalah bagian penting dari persiapan Polri untuk pemilu 2024. Dengan memastikan bahwa personelnya terlatih dan dilengkapi dengan pengetahuan yang baik, Polri dapat membantu memastikan bahwa pemilu dilaksanakan dengan aman dan lancar,” kata AKBP Catur, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Latihan ini, menurut dia juga membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan personel Polri, dalam mengamankan pemilu, mengidentifikasi, dan memitigasi potensi ancaman serta risiko keamanan.

“Juga memastikan bahwa personel Polri siap menghadapi segala kemungkinan pada pelaksanaan tahapan Pemilu, meningkatkan kepercayaan publik pada proses keamanan pemilu secara keseluruhan,” kata dia.

Dengan dilaksanakannya latihan praoperasi Operasi Mantap Brata 2024, dia berharap anggota Polres Surakarta  dapat mempedomani aturan, dalam mengamankan pemilu 2024 dengan aman dan lancar. (HS-08)

Sejumlah Polres di Jateng Mulai Amankan Tahapan Pemilu

Petarung Ini Bisa Menang jika Tambah Kecepatan