in

Persiapan Pemilu 2024, Kapolri Bentuk Tim Cegah Hoaks

Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo. (Foto : tribratanews.lampung.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Menghadapi tahun Politik 2023, Polri menyusun langkah konkret untuk menjaga kondusifitas, salah satunya dengan membentuk tim yang fokus pada pencegahan penyebaran informasi palsu atau hoaks pada Pemilu 2024.

Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo, mengatakan tim tersebut akan bersinergi dengan stakeholder, termasuk Kominfo RI, bersama para kalangan pesantren.

“Tentunya kita telah membentuk tim dan tadi juga kita akan kerja sama dengan Rabithah Ma’ahid al-Islamiyah (RMI), untuk memantau terhadap potensi-potensi hoaks yang ada,” kata dia, seperti dirilis humas.polri.go.id, Selasa (23/5/2023).

Ketika menghadiri undangan di Pesantren Subhanul Wathon, Jawa Tengah,  beberapa waktu lalu, Kapolri juga mengimbau kepada seluruh santri, untuk mewaspadai penyebaran informasi palsu maupun black campaign.

Khususnya, di media sosial (medsos). Imbauan itu diperlukan untuk menghindari terjadinya potensi perpecahan bangsa.

“Oleh karena itu tentunya kita mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya para santri untuk betul-betul berhati-hati. Jadi, saring sebelum sharing. Sehingga kemudian hal-hal yang bisa memecah belah bangsa, memecah belah persatuan itu harus dihindari,” tutur Kapolri.

Kapolri mengingatkan siapapun pilihan pemimpinnya ke depan, diharapkan tetap bisa menjaga serta mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Tentunya siapapun pemimpinnya. Sekali lagi, siapapun pemimpinnya, yang namanya persatuan dan kesatuan di atas segalanya. Karena siapapun pemimpinnya membutuhkan persatuan dan kesatuan masyarakat,” tegas Kapolri.

“Persatuan dan kesatuan bangsa untuk menjalankan program-program nasional ke depan serta, menghadapi tantangan global yang penuh ketidakpastian,” kata dia. (HS-08)

BPS Latih Ratusan Petugas Sensus Pertanian di Rembang, Bupati: Data Harus Riil, Jadi Dasar Pengambilan Kebijakan

PBB Minta Polri Latih Polisi Negara di Asia-Pasific, Krishna Murti : Indonesia Negara Besar