in

Persiapan Menghadapi Lebaran 2023 di Kendal, Rakor Lintas Sektoral Digelar

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Operasi Ketupat Candi Tahun 2023, di Aula Mapolres Kendal, Jumat (14/04/2023).

HALO KENDAL – Dalam rangka menghadapi Lebaran 2023, Polres Kendal menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Operasi Ketupat Candi Tahun 2023, di Aula Mapolres Kendal, Jumat (14/4/2023).

Acara dihadiri Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam H, beserta jajaran PJU dan para Kapolsek se-Kabupaten Kendal, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii, Sekda Kendal, Sugiono, para Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Kendal, perwakilan PT Jasamarga Semarang-Batang, Ketua MUI Kendal, KH Asroi Thohir, Ketua ORARI Kendal, Ketua RAPI Kendal, dan Ketua SENKOM Kendal.

Dalam sambutannya, Kapolres Kendal menyampaikan, jelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah semua harus bersinergi untuk memberikan pelayanan mudik kepada masyarakat, karena Lebaran 2023 diprediksi akan lebih banyak pemudik yang melintasi Kendal.

“Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kita harus bisa mengantisipasi terjadinya kelangkaan Bahan Kebutuhan Pokok Penting (Bapokting) jelang Lebaran, dan jangan sampai kekurangan ketersediaan stok dan lonjakan pada harga,” ujarnya.

Kapolres Kendal menambahkan, hal lain yang juga perlu dilakukan adalah pengecekan ketersediaan BBM di SPBU, khususya di jalur pantura Kabupaten Kendal. Hal ini menjadi penting, mengingat jangan terjadi antrean terlalu panjang yang nantinya dapat menggangu perjalanan mudik.

“Terkait dengan Posko Mudik kita sediakan lokasi yang cukup luas disebelah Polsek Kendal, yang mana benar-benar kita berikan yang terbaik bagi para pemudik. Sehingga para pemudik merasa nyaman aman, dan nantinya mendapat kesan baik saat melintas di Kabupaten Kendal,” bebernya.

Selanjutnya, Kapolres Kendal meminta sinergitas semua pihak untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang kemungkinan terjadi wilayah Kendal.

“Baik itu terorisme, premanisme, kejahatan konvensional, balap liar, dan lain sebagainya, sehingga bisa memberikan saya nyaman, dan aman pada pelaksanaan Idul Fitri 1444 Hijriah,” imbuhnya.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya, Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 akan melibatkan personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 285 personel Polri, dan juga dari personel TNI, serta personel yang berasal dari Instansi terkait lainnya.

Sementara itu, Sekda Kendal, Sugiono menyampaikan, bahwa Idul Fitri tahun ini berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu. Karena pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan dengan berkumpul bersama keluarga.

“Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Artinya akan ada peningkatan pemudik yang akan melintas di Kabupaten Kendal. Sehingga kita harus ikut serta memberikan pelayanan dan pengamanan, agar kegiatan mudik bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Sugiono juga mengungkapkan, seperti yang disampaikan Presiden RI, pada tahun kemarin terdapat 86 juta pemudik dan pada tahun ini kurang lebih 123 juta pemudik.

Sedangkan yang akan melintas ke Jawa Tengah mencapai 12,99 juta orang atau naik sebesar 13,38 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Diharapkan para kepala daerah harus benar-benar menyiapkan diri untuk memberikan pelayan yang baik.

“Kita harus benar-benar siap dan bisa mengantisipasi potensi kemacetan maupun kerawananan lainya yang kemungkinan terjadi di wilayah Kabupaten Kendal, baik itu jalur tol, non-tol, maupun lokasi lainnya, dengan nempersiapkan dan menempatkan personel di daerah rawan macet,” ungkap Sugiono.

“Selain itu, untuk pengaturan, penjagaan, dan patroli setiap saat di lokasi rawan macet dan kecelakaan,” imbuh Sekda Kendal.

Sugiono menyebut, bersama unsur pemerintah, Polri, TNI dan dukungan dari pemangku kepentingan lainnya, ke depan akan menyelenggarakan operasi Ketupat Candi 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 18 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023.

“Terkait dengan fokus pengamanan di wilayah Kabupaten Kendal, akan dilakukan baik di masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan tempat lainnya,” beber Sekda Kendal.

Sedangkan, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii dalam kegiatan tersebut berpesan kepada semua pihak, supaya selalu bersinergi terus menjaga persatuan dan kesatuan.

“Sehingga apa yang menjadi tugas bersama pada kegiatan Operasi Ketupat Candi Tahun 2023, terutama dalam melayani masyarakat jelang Lebaran tahun ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurut Dandim Kendal, setiap pelaksanaan kegiatan tidak menutup kemungkinan akan banyak persoalan-persoalan yang muncul. Sehingga ia meminta untuk terus selalu waspada terhadap gangguan Kamtibmas yang ada di Wilayah Kabupaten Kendal.

Letkol Inf Jenry Polii juga menegaskan, menjaga keamanan bangsa bukan hanya tugas TNI saja, namun menjadi tugas bersama.

“Sehingga dari semua unsur elemen masyarakat, harus terus bersinergi dan bersama-sama dalam menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayahnya masing-masing,” ujar Dandim Kendal.(HS)

Persiapan Porprov Jateng 2023, Pengurus KONI Kendal Hadiri Bintek Entry Atlet

Wapres Harapkan Mudik Lebaran Tingkatkan Perekonomian Daerah