in

Persiapan Lebaran, Sejumlah Polres di Jateng Gencarkan Target Vaksinasi

 

HALO SEMARANG – Sejumlah polres di Jateng, gencar menggelar percepatan vaksinasi Covid-19, agar sebelum mudik Lebaran, sebagian besar warga sudah memperoleh vaksin booster.

Vaksinasi massal antara lain dilaksanakan Polres Semarang, di Masjid At Taqwa Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, kepada jemaah yang telah melaksanakan Salat Tarawih.

“Polres Semarang tetap konsisten melakukan percepatan vaksinasi, terutama di bulan Ramadan, yang dilakukan setelah Salat Tarawih di beberapa masjid di Kabupaten Semarang,” kata Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A SIK MH, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Kegiatan tersebut juga diikuti warga sekitar masjid, yang belum mendapat vaksin dosis pertama, kedua, atau booster.

“Sudah 175 dosis vaksin Moderna dan Coronavac yang kami salurkan kepada jamaah masjid dan warga sekitar, dalam kegiatan vaksinasi Ramadan semalam. Di antara vaksin lanjutan dari vaksin dosis pertama ke dosis kedua maupun vaksin dosis ketiga (Booster),” kata AKBP Yovan Fatika.

Pada kesempatan itu dia juga mengingatkan warga agar tetap waspada akan penularan Covid-19, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan.

Di Banjarnegara

Selain di Kabupaten Semarang, vaksinasi massal juga digelar di Kecamatan Susukan Banjarnegara.

“Kami menggelar program keroyok vaksin di Kecamatan Susukan, di mana kegiatan ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan beberapa instansi, Dandim, Pak Camat dan Kades turut serta mensukseskan kegiatan ini,” kata Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK MH, saat bersama Komandan Kodim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan SE mengecek pelaksanaan keroyok vaksin tersebut.

Di sela-sela pengecekan vaksinasi, Kapolres dan Dandim menyapa para peserta vaksinasi, serta memberi semangat kepada para nakes dan petugas yang melakukan vaksinasi.

AKBP Hendri mengatakan, bahwa akselerasi vaksinasi harus terus dilakukan agar bisa mencapai target vaksinasi.

“Yang kita lakukan merupakan bentuk sinergitas dalam upaya mencegah penularan Covid-19 yang bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh,” ujarnya.

Beri Apresiasi

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kepedulian masyarakat Jawa Tengah, yang pada Ramadan ini bersedia mengikuti vaksinasi. Apalagi animo peningkatan vaksinsasi tersebut betul betul dinilai luar biasa.

Ucapkan terima kasih dan pemberian apresiasi tinggi oleh kapolda atas peran serta masyarakat tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy, Sabtu, (09/04/22).

“Kapolda Jawa Tengah memberikan apresiasi tinggi atas peran serta masyarakat tersebut. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang divaksin, kita berharap herd immunity segera terbentuk di Jateng,” terang Perwira Menengah Polda Jateng.

Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan jajaran Polda Jateng sejak lama berupaya agar program vaksinasi Covid-19 terlaksana dengan maksimal.

Oleh karena itu berbagai terobosan kreatif dimunculkan polres jajaran agar masyarakat tertarik untuk ikut serta dalam kegiatan vaksinasi.Laporan dari jajaran Polres vaksinasi pada Ramadan baik sore atau malam hari cukup diminati warga.seperti, Polres Klaten, memanfaatkan momentum ngabuburit dengan membuka gerai vaksinasi di alun-alun kota setempat.

Beker jasama dengan instansi terkait, Polri memanfaatkan momen untuk menjaring minat warga masyarakat ikut vaksinasi.

“Dulu kita adakan vaksinasi merdeka candi dengan mengambil momentum peringatan hari kemerdekaan RI. Ada juga vaksinasi di klenteng dan wihara saat hari Raya Imlek. Saat ini kita memanfaatkan momentum Ramadhan dengan menggelar vaksinasi malam hari. Alhamdulillah peminatnya cukup banyak,” tutur Kabid Humas Polda Jateng.

Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengimbau agar masyarakat memanfaatkan momen vaksinasi di bulan Ramadhan ini untuk mendapatkan vaksin tahap satu hingga booster.

Salah satu alasannya, karena pemerintah membuka kelonggaran bagi masyarakat untuk melakukan mudik dengan sejumlah persyaratan ketat termasuk ketentuan terkait vaksinasi. (HS-08)

Polres Banjarnegara Gelar Operasi Yustisi dan Kampanye Prokes

Tindak Aksi Balap Liar, Polres Karanganyar Tangkap Dua Pemuda Asal Sragen