Persiapan Hadapi Popda Jateng, Ini Target Kendal

Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Disporapar Kabupaten Kendal, Zen Yukri Iswandaru, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/11/2020).

 

HALO KENDAL – Pada Pra-Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal akan mengikuti delapan cabang olahraga (Cabor).

Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Disporapar Kabupaten Kendal, Zen Yukri Iswandaru mengungkapkan, cabang yang akan diikuti yaitu sepak bola putra, bola voli putra putri, bola basket putra dan putri, pencak silat putra dan putri, taekwondo putra dan putri, juga karate putra dan putri.

“Selain itu ada Cabor baru yaitu bola tangan untuk putra dan putri,” terang Zen, saat ditemui di kantornya, Jumat (20/11/2020).

Dikatakan, Popda tingkat Jawa Tengah pada tahun 2021 nanti berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Karena sekarang hanya diikuti oleh atlet yang notabenenya mulai pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), yang mana sebelumnya juga diikuti oleh atlet pelajar Sekolah Dasar (SD),” ungkapnya.

Zen juga menjelaskan, terkait dengan perekrutan para atlet di masa pandemi ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini untuk perekrutan atlet akan diserahkan ke Cabor masing-masing.

“Sedangkan sebelumnya dilakukan melalui seleksi pada Popda tingkat kabupaten,” jelasnya.

Terkait dengan fasilitasi anggaran, Zen mengatakan, hanya diberikan kepada Cabor pada program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLOPD) Kabupaten Kendal.

“Sedangkan Cabor di luar PPLOPD pihaknya hanya memberikan fasilitas terkait perizinan surat-menyurat, pemanggilan para atlet, dan penggunaan tempat olahraga yang akan digunakan untuk latihan dan seleksi,” imbuhnya.

Menurutnya, dari semua Cabor yang diikuti memang ada beberapa Cabor yang berpotensi untuk meraih medali emas, terutama yang masuk pada PPLOPD. Seperti atletik dan sepak takraw.

Dia berharap pada Pra-Popda Provinsi Jawa Tengah, para atlet akan banyak meraih medali. Karena pada Popda Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Kendal pernah menduduki rangking lima melalui pelajar tingkat SMA yang banyak meraih medali.

“Sehingga saat ini kami fokus pada altet pelajar SMA yang mana diharapkan dapat menduduki rangking tertinggi pada Pra-Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021,” pungkas Zen.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.