in

PERSI Jateng: BOR Covid-19 Turun 90 Persen

Ilustrasi ruang perawatan pasien di rumah sakit, dok : pixabay.com

 

HALO SEMARANG – Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Jawa Tengah (Jateng) mengungkapkan, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit yang merawat pasien Covid-19, turun mencapai 90 persen.

“Turunnya drastis, sudah cukup banyak, saat ini hanya sekitar satu persen angkanya,” kata Pengurus PERSI Jateng, dr Daniel Budi Wibowo, MKes kepada halosemarang.id, Selasa (12/10/2021).

Ia menyebut, BOR pasien Covid-19 berangsur-angsur menunjukkan penurunan yang signifikan. Kondisi itu terjadi sejak akhir bulan Agustus hingga sekarang.

“Di Jawa Tengah sudah sangat menurun BORnya. Pada waktu puncak bulan Juni-Juli awal Agustus itu (rumah sakit) memang merawat semua, tetapi sejak akhir Agustus sudah banyak yang kosong. Sekarang perawatan terpusat,” ujarnya.

Ia menyampaikan, turunnya kasus Covid-19 diiringi dengan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Hampir sebagian daerah di Jateng sudah rendah risiko penularan.

“Kalau dilihat petanya Jateng ini sekarang kuning muda itu risikonya rendah. Sementara yang kuning tua itu di Cilacap, Purbalingga, Purworejo, Kota Semarang, Klaten, Karanganyar, Wonogiri karena padat, yang lainnya sudah rendah sekali resikonya,” paparnya.

Lebih lanjut, Daniel menuturkan, rumah sakit yang dulunya menjadi bagian yang merawat pasien Covid-19 telah melayani perawatan pasien non-Covid-19. Saat ini, pihaknya telah menangani pasien berpotensi memerlukan tindakan operasi yang sempat tertunda akibat melonjaknya Covid-19 lalu.

“Setelah Covid-19 berlalu kembali pasien-pasien biasa seperti demam berdarah dan penyakit membutuhkan tindakan operasi yang tertunda karena sejak masa pandemi. Rumah sakit sudah aman karena pasien Covid-19 tidak ada atau jauh menurun,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan halosemarang.id, jumlah rumah sakit yang tersebar di Jateng sebanyak 300 rumah sakit. Sekitar 180 rumah sakit di antaranya yang dulunya merawat pasien Covid-19, sekarang ini kembali menangani pasien non-Covid-19.(HS)

Share This

Kunjungi Puskesmas Rowosari 2, Wabup Kendal: Bangunannya Bagus, Tapi Kesannya Kumuh

Bea Cukai Tanjung Emas Musnahkan Barang Larangan Dan Terbatas, Paling Banyak Jenis Miras