in

Persetujuan Desain Surat Suara Anggota DPRD, KPU Kendal Undang Perwakilan Parpol Peserta Pemilu 2024

Salah satu perwakilan partai politik melakukan pengecekan dan memberikan persetujuan terhadap daftar calonnya di desain surat suara yang diajukan KPU, Kamis (2/11/2023)

HALO KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mengundang perwakilan partai politik untuk dimintakan approval atau persetujuan atas desain surat suara pemilihan anggota legislatif Pemilu 2024, yang dijadwalkan akan dicetak pada 10 November atau sepekan setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Acara yang dihadiri pengurus parpol peserta pemilu di Kendal tersebut, dilaksanakan di Aula Kantor KPU Kendal, Kamis (2/11/2023).

Pj Ketua KPU Kendal, Rochimudin usai acara kepada awak media menjelaskan, pihaknya mengundang pengurus partai politik untuk dimintakan approval atau persetujuan terhadap dummy surat suara.

“Kami mengundang ketua partai politik di tingkat Kabupaten Kendal, untuk melakukan approval atau persetujuan terhadap dummy surat suara yang akan dicetak oleh KPU RI. Jadi para ketua parpol mengecek, apakah nama calon maupun penulisan gelar, atau nomor urut dari calon dan sebagainya, dengan cara membubuhkan paraf di dummy surat suara, termasuk menandatangani berita acara persetujuan,” terangnya

Rochimudin menjelaskan, ketua maupun perwakilan dari parpol sebelum memberi paraf mengecek atau meneliti terlebih dahulu satu per satu. Selanjutnya dummy akan disampaikan kepada KPU RI untuk diserahkan kepada pihak percetakan.

“Untuk percetakan dijadwalkan tanggal 10 November 2023. KPU RI akan mengirimkan semua desain surat suara yang telah disepakati atau disetuju partai politik ke pihak percetakan. Untuk pengiriman surat suara diperkirakan pertengahan Desember 2023. Setelah itu, dilanjutkan dengan lipat, sortir dan pengepakan. Untuk gudang surat suara berada di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Rochimudin menyebut, semua perwakilan partai politik yang diundang sudah melaksanakan pengecekan dan meneliti atas dummy yang diajukan KPU, dan semuanya menyatakan sudah sesuai.

“Semuanya menyatakan sudah sesuai dengan yang mereka (parpol) ajukan, dan sama dengan rancangan DCT yang sudah mereka sampaikan ke kita. Jumlah DCT di Kabupaten Kendal ada 580 calon untuk Pemilu 2024,” ujarnya.

“Harapannya, dengan selesainya proses pencalonan, besok 3 November kita tetapkan DCT, kemudian 4 November kita umumkan kepada masyarakat. Semoga proses distribusi logistik berjalan lancar, hingga hari H sampai ke TPS,” harap Rochimudin.

Sementara itu, liasion officer (LO) DPC PDI Perjuangan Kendal, Intan Mayasari mengaku seluruh daftar yang diajukan pihaknya sudah sesuai dengan dummy yang akan dicetak KPU. Mulai dari nama, gelar hingga nomor urut calon.

“Ya tadi sudah saya cek, dan sudah sesuai semua daftar calon dari DPC PDI Perjuangan Kendal. Baik namanya, gelarnya maupun dapil dan nomor urutnya sudah tidak ada masalah,” ungkap Intan.

Senada disampaikan Ketua DPD NasDem Siswoyo. Menurutnya, undangan dari KPU Kendal untuk memastikan, data sesuai dengan yang diajukan. Mulai dari dapil hingga nomor urutnya.

“Jadi kami memastikan, bahwa data-data itu benar dan sesuai dengan apa yang kami ajukan. Kemudian kami menyetujui apa yang diajukan oleh KPU, karena tidak ada perubahan apapun. Di surat suara, semua sudah sesuai yang kami ajukan,” ujar Siswoyo. (HS-06

 

Menteri ATR/BPN: Semarang Jadi Kota Pertama Lengkap Sertifikat PTSL di 2023

Prabowo Bicara Situasi Global dan Pengaruhnya terhadap RI di Hadapan Seribu Unsur Pimpinan TNI