in

Perpustakaan Unika Runner-up Ajang Festival Literasi Virtual

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat menyerahkan piagam penghargaan juara dua kepada perwakilan Perpustakaan Unika Soegijapranata.

 

HALO SEMARANG – Perpustakaan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang kembali menorehkan prestasi pada Festival Literasi Virtual (FLV) yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang.

Dalam ajang tersebut, Perpustakaan Unika Soegijapranata jadi runner-up di kategori pameran literasi virtual. Sementara juara diraih Disbudpar Kota Semarang.

Sajian yang ditampilkan ada 15 inovasi. Di antaranya Virtual Reality (VR) Library, Augmented Reality (AR) Assistant, Hologram Library atau HOLY, dan Simulator Teknologi Pembelajaran (STELA).

“Kegiatan pameran secara virtual adalah yang pertama kalinya kita ikuti selama masa pandemi Covid-19. Dalam kegiatan tersebut Perpustakaan Unika Soegijapranata berhasil menjadi runner-up kategori stand pameran FLV,” ungkap Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih Saptaastuti Ssos, MIKom saat dikonfirmasi, Senin (13/9/2021).

Ratih menyampaikan, pada festival yang bertajuk “Merdeka Membaca di Masa Pandemi Covid 19” Perpustakaan Unika Soegijapranata menjalani tahapan seleksi sebelum meraih juara dua. Bersama perpustakaan lain masuk tahap nominasi sepuluh besar. Setelah itu bersaing di babak lima besar dan meraih juara dua.

Terdapat tiga juri yang menyeleksi pameran literasi virtual. Ketiganya yakni, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin.

“Prestasi ini berhasil diraih berkat dukungan yang diperoleh dari pimpinan universitas, para dosen, para mahasiswa dan seluruh civitas akademika, sehingga perpustakaan Unika Soegijapranata bisa terpacu untuk selalu berkembang dan berinovasi untuk meningkatkan mutu layanannya,” papar Ratih.

Dalam kesempatan penyerahan anugerah kompetisi pameran literasi virtual Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi upaya dan inovasi perpustakaan.

“Perpustakaan telah melakukan inovasi dan pengembangan layanan alternatif di tengah pandemi Covid-19. Dengan begitu perpustakaan bisa meningkatkan semangat literasi,” papar pria yang akrab disapa Hendi itu.(HS)

Share This

Presiden Tinjau Vaksinasi Jemput Bola di Klaten

Petarung Harus Tahan Uji