in

Pernah Dimarahi Tamu Hotel

Ninik Haryanti, Corporate PR & Sales Manager PT Dafam Hotel Management (DHM).

 

BERKARIR di dunia perhotelan hingga sekarang, membuat Ninik Haryanti memiliki pengalaman banyak selama bergelut di bidang hospitality. Ninik, sapaan akrabnya, menceritakan beberapa pengalaman yang paling berkesan dan tak terlupakan selama dirinya menjadi bagian dari hotel. Salah satunya pernah dimarahi salah satu tamu hotel.

“Selama bekerja yang dari pertama kali langsung ambil di hotel, banyak pengalaman yang berkesan. Salah-satunya yang paling saya ingat, pernah “diomelin” tamu hotel, kebetulan seorang ibu-ibu karena salah hotel,” kata Ninik, Kamis (12/8/2021).

Awal mula kejadiannya, lanjut Ninik, saat itu ada seorang tamu hotel seorang ibu ini yang menanyakan tempat hotelnya menginap saat berada di lobi.

“Namun saat itu saya bilang kepada ibu itu kalau hotel tempatnya menginap bukan di hotel yang ibu datangi, tapi hotel yang lainnya. Karena saat itu kebetulan hotel sedang ramai, jadi saya tidak cek detailnya pastinya di mana hotel ibu itu menginap. Padahal setelah ibunya itu sampai ke hotel yang saya sebutkan tadi, ternyata petugas hotelnya mengatakan kalau hotelnya benar yang pertama kali didatangi. Nah, karena saya salah kasih informasi hotel, ibu-ibu yang lumayan sepuh ini lagsung omelin saya habis-habisan,” ucap wanita kelahiran Semarang, 25 April ini.

Karena merasa bersalah, Ninik pun meminta maaf kepada ibu tersebut meski tak disambut dengan baik. Hal itu tak membuat Ninik langsung patah arang. Justru dirinya ingin meminta maaf dengan cara yang lain, yakni diam-diam mencari informasi tentang makanan kesukaan ibu tersebut dan mengirimkan kepadanya.

“Cara ini membuahkan hasil, dan akhirnya ibu itu luluh dan menelepon saya mengucapkan terima kasih dan juga meminta maaf ke saya karena telah memarahinya,” kata wanita yang suka jalan-jalan ke mal.

Singkat cerita, dari kejadian ini, hubungan dirinya dan ibu tersebut telah terjalin seperti keluarga. Bahkan, dirinya sudah dianggap seperti cucunya sendiri.

“Kalau ibu ini ke Semarang dari tempat tinggalnya di Bogor selalu mencari saya, dan menitipkan makanan kepada saya. Kalau dia menginap selalu di hotel saya bekerja saat itu. Dan ketika pindah hotel, ibu itu juga stay di hotel tempat saya bekerja. Begitu juga kalau dia kemana pun pergi luar kota yang urus perjalanan selalu diserahin ke saya,” kenang wanita yang punya makanan favorit soto ini.

Menurut Ninik, jika dalam bekerja yang didasari dengan hati yang tulus, ternyata mendapatkan hasilnya yang baik.

“Selama ini klien atau tamu kita akan datang dengan sendirinya. Karena kita posisikan tamu atau klien sebagai saudara dan keluarga, sehingga terbangun ikatan emosi,” imbuh wanita yang saat ini tinggal di wilayah Manyaran, Semarang dan sekarang menjabat sebagai Corporate PR & Sales Manager PT Dafam Hotel Management.(HS)

Share This

Hari UMKM Nasional, Pelaku Usaha Di Semarang Peroleh Bantuan

Kapolres Kendal Berikan Hadiah Sepeda Kepada Anak Yatim-Piatu di Boja