in

Permudah Pengurusan Administrasi Kependudukan, Dispendukcapil Luncurkan “Pak Kades Mantab”

Beberapa desa yang sudah melalukan inovasi layanan administraai kependudukan.

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal melakukan inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa, yang Mudah, Amanah dan Tanpa Biaya (Pak Kades Mantab).

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Dispendukcapil Kendal, Endi Lestiyo mengatakan, saat ini sudah ada 33 desa dari 14 kecamatan di Kabupaten Kendal sudah melakukan pelayanan “Pak Kades Mantab”.

“Desa yang sudah membuka pelayanan Pak Kades Mantab ini sudah mempunyai kewenangan untuk menerima pendaftaran sampai mencetak dokumen kependudukan,” terangnya, Rabu (27/10/2021).

Dengan demikian, Endi menjelaskan, masyarakat desa dalam pengurusan administrasi kependudukan, cukup sampai desa dan tidak perlu ke kantor UPTD atau kantor Dispendukcapil.

“Pak Kades Mantab ini inovasi dari Dispendukcapil Kendal. Sehingga masyarakat ketika mengurus administrasi kependudukan, seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, tidak harus datang ke Kantor UPTD atau Kantor Dispendukcapil, tapi cukup datang ke balai desa, sehingga lebih mudah dan cepat,” jelasnya.

Endi menambahkan, inovasi Pak Kades Mantab ini untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada seluruh masyarakat. Maka Dispendukcapil memberikan akses seluas-luasnya kepada desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal untuk dapat memberikan pelayanan terbaik.

Menurutnya, layanan ini terlaksana berkat kerja sama yang dituangkan dalam perjanjian, antara Dispendukcapil Kabupaten Kendal, dengan kepala desa maupun lurah.

“Harapannya semua desa dan kelurahan segera membuka layanan Pak Kades Mantab ini. Karena syaratnya hanya pihak desa mau dan siap. Untuk tahun ini ditargetkan sudah ada 40 desa yang membuka pelayanan Pak Kades Mantab,” inbuh Endi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kendal, Jaelani mengatakan, sebelumnya, Dispendukcapil Kendal juga menambah fasilitas pada aplikasi Pak Dalman, berupa layanan dalam bentuk paket, sehingga lebih mudah dan efisien.

Menurutnya, dalam pengurusan beberapa produk administrasi kependudukan, cukup mengajukan permohonan dalam satu berkas.

“Untuk Paket A berkaitan dengan akte kelahiran, sedangkan paket B berkaitan dengan akta kematian. Ke depan, pelayanan Dispendukcapil Kendal akan terus ditingkatkan, supaya lebih mudah, murah dan cepat,” ujar Jaelani.

Dengan mendekatkan pelayanan adminitrasi kependudukan ini diharapkan warga akan tertib administrasi yang muaranya akan membuat database kependudukan semakin valid. Sehingga dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

“Silakan bagi desa yang ingin mengajukan permohonan Pak Kades Mantab bisa mengajukan permohonan UPTD wilayah masing-masing atau langsung melalui Dispendukcapil Kendal,” pungkas Jaelani.(HS)

Share This

Miliki 39.652 Lulusan, Ini Pesan Rektor Unisbank

Antisipasi Bencana Pohon Tumbang, Disperkim Akan Perbarui Peneduh Jalan dengan Jenis Pule dan Tabebuya