in

Permudah Pembayaran Donasi, PMI Kabupaten Semarang Terapkan Pembayaran Digital

Pencanangan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada pelaksanaan Bulan Dana PMI, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, di Ungaran, belum lama. (Foto : Semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Guna mempermudah pembayaran donasi di masa pandemi, PMI Kabupaten Semarang menggunakan quick response (QR) code, dalam pelaksanaan Bulan Dana PMI tahun 2021.

Pencanangan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk pelaksanaan Bulan Dana PMI itu, dilakukan oleh Bupati H Ngesti Nugraha di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Jumat (20/8).

Menurut Ketua PMI Kabupaten Semarang, Djarot Supriyoto, penggunaan QRIS itu untuk menjamin transparansi jumlah dana yang terkumpul. Selain itu juga untuk menghindari adanya kontak fisik dalam pembayaran donasi.

Meski begitu, pembayaran dana dengan penyebaran kupon tetap dilaksanakan. “Kita menampung kepedulian masyarakat sesuai sasarannya,” katanya.

PMI juga akan mengedarkan kupon sumbangan bernominal Rp 2 ribu dan Rp 4 ribu kepada pelajar, pekerja pabrik, ASN, TNI , Polri dan anggota masyarakat lainnya. Selain itu juga akan diterbitkan piagam sumbangan khusus bernominal Rp 100 ribu-Rp 500 ribu. Seluruh dana yang terkumpul, akan dimanfaatkan PMI untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan kepalangmerahan.

Bupati H Ngesti Nugraha, mengharapkan masyarakat untuk menunjukkan semangat gotong-royong dan peduli sesama, lewat partisipasi di Bulan Dana PMI tahun 2021. Selama tiga bulan pelaksanaan, 20 Agustus-20 Oktober diharapkan terkumpul dana sekitar Rp1,3 miliar.

“Namun kita memahami kondisi sosial ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga tidak kita target perolehannya,” tegas Bupati.

Pada kesempatan itu pula dilantik pengurus PMI kecamatan oleh Ketua PMI Kabupaten Semarang secara daring.(HS-08)

Share This

Pemkab Semarang Bakal Tambah Tempat Pelayanan Vaksinasi

Kapolres Pekalongan Apresiasi Masyarakat yang Antusias Ikuti Vaksinasi