Permudah Layanan Publik, DPRD Kota Semarang Apresiasi Aplikasi Layar Semar

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman.

 

HALO SEMARANG – Satu lagi inovasi dilakukan oleh Pemkot Semarang melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Semarang, yang berhasil meluncurkan digital singnature bertajuk Layar Semar atau Layanan Pembayaran Kota Semarang, baru-baru ini.

Aplikasi baru ini akan memudahkan masyarakat dalam pelayanan pembayaran pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) secara elektronik atau E-SPP/SPM.

Peluncuran aplikasi Layar Semar dilakukan oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, didampingi Kepala BPKAD Kota Semarang, Endang Sarwiningsih Setyowulan. Hadir pula anggota Komisi A DPRD Kota Semarang, Bambang Sriwibowo dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Semarang serta perwakilan Forkominda.

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh BPKAD Kota Semarang ini akan meningkatkan pelayanan publik yang diberikan oleh Pemkot Semarang.

“Kami menyampaikan apresiasi dan mendukung aplikasi Layar Semar ini, karena memudahkan masyarakat khususnya rekanan dalam proses pembayaran,” kata Kadar Lusman.

Dikatakan, aplikasi Layar Semar sangat sesuai dengan program Wali Kota Semarang dalam pelaksanaan E-Government, sehingga akan terwujud pemerintahan yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel.

“Masyarakat atau rekanan bisa langsung mengecek perjalanan dokumen yang diajukan ke BPKAD melalui anjungan Layar Semar,” katanya.

Ditambahkan, DPRD Kota Semarang selalu mendorong OPD di lingkungan Pemkot Semarang untuk terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dengan adanya inovasi ini diharapkan pelayanan publik semakin baik dan mudah.

“Kami mendorong agar OPD terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” ujarnya.

Kepala BPKAD Kota Semarang, Endang Sarwiningsih Setyowulan mengatakan, dengan layanan aplikasi ini nantinya setiap OPD/unit kerja dalam melaksanakan kegiatan pengajuan SPP/SPM sampai dengan proses SP2D, sudah tidak perlu lagi mengantar atau berinteraksi/bertatap muka di kantor BPKAD Kota Semarang.

Penandatanganan atau otorisasi dokumen SPP/SPM juga bisa dilaksanakan dimana saja.

Dikatakan, selama ini SPP, SPM dan SP2D diajukan secara manual sehingga dokumen yang dibawa sangat banyak dan tebal. Belum lagi jika ada kesalahan, sehingga harus kembali ke OPD yang bersangkutan.

“Misalnya dari Kecamatan Gunungpati, sudah ke BPKAD ada yang harus diperbaiki, sehingga kembali ke Gunungpati, tentu ini tidak efesien,” ujarnya.

Melalui Layar Semar ini SPP, SPM dan SP2D diisi dan ditandatangani hanya satu dokumen, selanjutnya berjalan secara elektronik sehingga ketika mengisi SPP maka SPM dan SP2D akan selesai pula (teken siji telu rampung).

Tentu saja dengan syarat semua dokumen lengkap. Pihaknya juga akan menyediakan anjungan Layar Semar di dua lokasi yakni di depan kantor BPKAD dan lobi gedung Moch ikhsan.

Dengan adanya anjungan ini diharapkan rekanan dan OPD/unit kerja terkait dapat melihat dengan mudah proses perjalanan dokumen yang sudah diajukan ke BPKAD, hingga proses pencairan di Bank Jateng.

Sementara Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, aplikasi ini mempermudah proses-proses pencairan anggaran di BPKAD.

Selama ini masih menggunakan sistem manual sehingga perlu ada inovasi untuk percepatan pencairan.

Yang semula perlu waktu berhari hari diharapkan dapat dilakukan dalam satu hari bahkan hitungan jam.

Namun menurutnya, dengan sistem yang terbuka ini maka akan ada banyak orang yang masuk, sehingga ada potensi sistem akan mengalami kerusakan atau eror.

Untuk itu BPKAD diminta menyiapkan agar sistem tidak mengalami kerusakan.

“Misalnya dengan menyiapkan folder tersendiri yang harus diback up datanya sehingga tetap aman,” ujarnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.