in

Perkuat Ketahanan Pangan, Pj Bupati Jepara Dorong Pemerintah Desa dan Warga Garap Lahan Tidur

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat memimpin apel di DKPP Jepara. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mendorong pemerintah desa dan warga, untuk menggarap lahan-lahan tidur yang dimiliki, agar dapat menjadi penghasil bahan pangan baru.

Dorongan itu dia sampaikan saat memimpin apel Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kamis (14/7/2022).

“Ada arahan Bapak Presiden untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pangan,” ujarnya, seperti dirilis Jepara.go.id.

Menurut dia, untuk memperkuat ketahanan pangan, tak bisa hanya bertumpu pada lahan produktif yang ada saat ini. Lahan tidur dan pekarangan, juga harus digarap untuk mengantisipasi krisis pangan, yang saat ini telah menjadi ancaman global.

Oleh karenanya, Edy minta DKPP dapat mendorong desa-desa untuk mengintensifkan produktivitas pertanian. Termasuk menggarap lahan-lahan tidur yang dimiliki, sehingga dapat menjadi lumbung pangan baru.

“Buat edaran kepada semua petinggi (kepala desa), agar lahan pertanian yang ada bisa digarap lebih optimal ditanami komoditas pangan,” tandasnya.

Aksi tersebut diharapkan sudah berjalan pada pekan depan, dan dapat dimulai dengan memberikan arahan kepada para pemangku wilayah setempat.

Setelah itu Pj Bupati menargetkan terbentuk desa percontohan ketahanan pangan.

“Minggu depan saya minta aksi ini sudah dilakukan,” pinta Edy.

Pihaknya pun mengapresiasi DKPP, karena sudah memiliki peta ketahanan dan kerawanan pangan. Dari situ terlihat desa-desa yang terindikasi rawan pangan. Selanjutnya Edy meminta dinas-dinas terkait berkolaborasi membantu penanganan.

Edy juga mengaku cukup puas, atas kinerja DKPP, dalam pengendalian wabah penyakit mulut dan kuku. Dia memotivasi agar mereka terus semangat dan menjaga kesehatan.

Dalam kesempatan itu dia juga memberikan paket bantuan logistik, bagi lima petugas kebersihan di dinas tersebut. (HS-08)

Pembangunan Rumah Komunitas di Jepara Segera Dituntaskan

Tak Terpengaruh Isu Transfer