Peringati HUT RI, Warga Kelurahan Bandengan Gelar Jalan Santai

Warga RT 04 RW 01 Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, saat mengikuti jalan santai, dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2020).

 

HALO KENDAL – Pada peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, hampir semua kegiatan masyarakat di Kabupaten Kendal tak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan seperti lomba-lomba atau pentas seni, tidak diselenggarakan karena masih dalam suasana pandemi corona.

Di mana Kabupaten Kendal, dalam beberapa minggu belakangan, jumlah warga yang terpapar positif meningkat tajam.

Seperti yang dilakukan warga RT 04 RW 01 Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, yang hanya mengadakan kegiatan jalan santai, dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2020).

Menurut, Ketua RT setempat, Kamdi, pihaknya hanya mengadakan kegiatan jalan santai yang diikuti puluhan warga saja.

Dengan rute melewati jalan kampung (jalan masjid) menuju selatan, kemudian belok ke jalan perumahan, lanjut ke jalan laut dan kembali ke jalan masjid.

“Rute kurang lebih satu kilometer saja. Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT RI. Jadi untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan kami menggelar kegiatan ini,” kata Kamdi, Senin (17/8/2020).

Dikatakan, dalam pelaksanaan, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Kami wajibkan warga untuk memakai masker dan menjaga jarak. Yang tidak patuh saya minta tidak usah ikut,” tandasnya.

Menurut salah satu warga RT 04 RW 01 Kelurahan Bandengan, Khoiron (44), dirinya mengikuti jalan santai ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan, juga menghormati jasa para pahlawan.

“Ya, pada masa pandemi corona ini, kita tidak boleh melakukan beberapa kegiatan yang mengundang kerumunan. Makanya kami hanya mengadakan jalan santai saja,” ungkapnya.

Senada diungkapkan warga lain, Milka (15), pelajar SMA yang mengikuti kegiatan ini mengungkapkan, apa pun bentuk peringatan hendaknya memiliki tujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan generasi bangsa terhadap NKRI.

Menurutnya, menjadi hal yang penting menanamkan sikap cinta dan bela tanah air sejak dini. Perjuangan Indonesia tidak hanya berhenti dari sekadar mengusir para penjajah bangsa Belanda dan Jepang.

“Ada yang lebih penting dari itu yakni mempertahankan kemerdekaan dengan mengembangkan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang belum mencapai kedaulatan. Apalagi di situasi pandemi saat ini, seluruh warga harus mampu berusaha untuk bertahan hidup di tengah menyebarnya wabah virus corona,” pungkas Milka.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.