Peringati Hari Wayang di Masa Pandemi, Bupati Batang Adakan Pergelaran Secara Virtual

Bupati Batang Wihaji dalam pergelaran wayang kulit secara virtual, di aula Bupati, Kabupaten Batang.

 

HALO BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Disdikbud Kabupaten Batang, menyelenggarakan pergelaran wayang kulit secara virtual, di aula Bupati, Kabupaten Batang, Sabtu (7/11).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari Wayang Nasional 7 November.

Bupati Batang Wihaji menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Wayang Nasional 2020 dan terima kasih kepada Pepadi, dalang, niyaga dan semua seniman Batang, yang telah melestarikan (uri-uri) serta memelihara salah satu budaya adiluhung.

“Walau Peringatan Hari Wayang Nasional ini diadakan secara virtual, saya sangat mengapresiasi karena kita semua tidak melupakan yang namanya melestarikan budaya,” jelasnya.

Lanjut dia, karena kali ini masih dalam Pandemi Covid-19, maka dilaksanakan secara virtual dan penonton yang hadir dibatasi. Hal itu agar tidak memunculkan kerumunan atau massa, yang dapat menyebabkan penyebaran Covid-19.

“Akan tetapi saya sangat senang, karena walau secara secara virtual lebih dari 30 ribu Orang atau masyarakat yang menontonnya,” kata dia.

Selain itu Bupati Batang Wihaji juga berpesan Kabupaten Batang masuk dalam daftar wilayah zona merah atau risiko tinggi penularan virus corona (Covid-19) di Jawa Tengah.

“Oleh karena itu, jangan bosan-bosan untuk disiplin protokol kesehatan seperti wajib pakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan hindari berkerumun,” tandasnya.

Dalam Peringatan Wayang Nasional Pemerintah Kabupaten Batang menampilkan Dalang muda yang pernah Juara Umum Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional yaitu Ki Ardana Putra dengan Lakon Aji Narontoko serta Dalang Dewasa Ki Uut dengan Lakon Dasamuka Gugur. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.