in

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Kendal Gelar Bersih-Bersih Pantai

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto melepas para pesepeda dalam kegiatan Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove, yang dilaksanakan di Pantai Karang Asri, Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung, Minggu (6/6/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove, yang dilaksanakan di Pantai Karang Asri, Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung, Minggu (6/6/2021).

Hadir secara langsung Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun dan anggota, juga Ketua TP PKK Kendal, Wynne Frederica, Forkopimcam Kangkung, para komunitas peduli lingkungan dan pengiat lingkungan hidup, serta tokoh masyarakat setempat.

Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih sampah yang berserakan di Pantai Karang Asri, Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung. Sampah kemudian dikumpulkan dan diangkut dengan truk untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang, Raden Gatot Perdana yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, di Jawa Tengah khususnya di Kendal dapat dipastikan bahwa produk perikanan memiliki potensi yang sangat besar.

“Saya mengucapkan terima kasih, karena pada kegiatan ini kami dapat bersinergi dengan Pemkab Kendal. Pada saat ini kami juga melaksanakan kegiatan peduli lingkungan,” ungkapnya.

Menurutnya, sampai saat ini meski kondisi pandemi, produk perikanan usahanya masih sangat baik, ekspor meningkat.

“Dan ini patut disyukuri. Yang mana kita sangat peduli ketika laut itu bebas dari pencemaran, sehingga ikannya pun juga akan sehat dan mutunya juga akan baik. Maka, hal itu sesuai dengan apa yang kita harapkan,” imbuh Raden.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan terima kasih kepada beberapa komunitas peduli lingkungan, penggiat lingkungan, serta para relawan, masyarakat dan semua pihak atas apresiasi, niat baik, prakarsa, kepedulian dan peran sertanya untuk melakukan konservasi. Khususnya mendukung program penghijauan melalui pemulihan ekosistem mangrove.

“Hal ini dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di wilayah Kendal yang tercinta ini,” ujarnya.

Dico melanjutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran global dalam mengambil tindakan positif kepada lingkungan.

“Selain itu, pelestarian lingkungan juga menjadi bagian dari visi saya yaitu Handal, dengan misi menjadikan Kendal sebagai pusat Industri dan pariwisata Jawa Tengah yang mandiri, berprestasi, berdaya saing, dan berketahanan lingkungan,” lanjutnya.

Dico juga berharap, masyarakat memiliki kesadaran menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam. Karena harus memastikan bahwa apa yang sudah diikhtiarkan bersama ini benar-benar dijaga dengan baik.

“Harapannya nanti ke depan bisa memberikan manfaat yang banyak, khususnya untuk lingkungan hidup dan untuk masyarakat sekitar,” tutur Dico.

Ia juga mengapresiasi adanya Pasar Tiban setiap Minggu yang merupakan perwujudan Pop Up Market Kendal. Harapannya, Pop Up Market dapat menjadi wadah dan memajukan pelaku UMKM Kendal.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kendal telah meluncurkan program “Drop Your Book”, yaitu program sharing buku untuk meningkatkan literasi masyarakat, dan melaunching Rancangan Akhir Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kendal Tahun 2021-2026.

“Tidak hanya itu saja, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Kendal akan melaunching Logo dan Slogan Kendal Handal. Logo dan Slogan merupakan gambaran filosofi atau makna yang mengandung visi-misi dan tujuan dari Bupati dan Wakil Bupati Kendal,” ucapnya.

Menurut Dico, logo dan slogan ini menjadi semangat baru untuk Kendal yang lebih baik.

“Ini bisa menjadi identitas Kendal, dan sebagai pengingat akan cita-cita Kendal menjadi pusat Industri dan Pariwisata Unggulan dan Berkelanjutan di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Acara bersih-bersih pantai dilanjut dengan Penyerahan Buku RPJMD dari Sekda Kendal kepada Bupati Kendal, dilanjutkan dengan penyerahan, hadiah lomba logo Kendal Handal, penyerahan buku Program Sharing Buku secara simbolis kepada Pemerintahan Desa

Kegiatan juga diisi dengan penandatanganan prasasti pembukaan Pantai Karang Asri Desa Karangmalang, dan diakhiri dengan melepas keberangkatan para pesepeda yang akan melalui jalur yang baru diresmikan.(HS)

Share This

Uniknya Soto Bathok 86 Cangkiran, Patut Dicoba Pemburu Kuliner Enak

Sejumlah Armada BRT Trans Semarang Koridor IV Berhenti Beroprasi, Ini Alasannya