in

Peringati Hari Koperasi ke-75 dan Hari Jadi Kendal ke-417, Ini Harapan Menko Perekonomian

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum Dekopin, Nurdin Chalid bersama Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat meresmikan Kendal Expo 2022, di Stadion Utama Kendal Sabtu (23/7/2022)

HALO KENDAL – Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kendal, Sabtu (23/7/2022).

Kunjungan kerja kali ini dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 sekaligus membuka acara Pekan Raya Kendal di Stadion Utama Kebondalem Kendal.

Selain Menko Perekonomian dan Menperin juga Anggota DPR RI Dito Ganinduto, Mujib Rohmat dan Singgih, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia, Nurdin Chalid, serta Kepala Daerah dari berbagai daerah di Indonesia.

Berbagai agenda dipersiapkan untuk menyambut Menko Perekonomian tersebut, diantaranya, penganugerahan tokoh penggerak koperasi, pembukaan Kendal Expo dan peninjauan stand Kendal Expo.

Dalam sambutannya Bupati Kendal menyampaikan selamat datang atas kinjungan kerja Menko Perekonomian, Menperin, Anggota DPR RI, Dekopin dan Kepala Daerah.

“Saya tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada dewan koperasi Indonesia atas terpilihnya Kabupaten Kendal sebagai tempat untuk Puncak acara peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke-75,” ungkapnya.

Dico juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kendal memiliki visi misi yaitu kendala handal unggul makmur dan berkeadilan dan kita fokus terhadap empat pilar pembangunan yaitu industri pariwisata UMKM dan juga generasi 4.0 atau pengembangan sumber daya manusia.

“Tentunya keempat pilar pembangunan tersebut tidak lepas dari Apa yang diperjuangkan oleh Pak Menko dan Pak Menperin dan tentunya dengan kehadiran beliau berdua pada pagi hari ini,” ujarnya.

“Semoga visi misi dan empat pilar pembangunan Kabupaten Kendal bisa berjalan dengan baik sehingga harapan kita Kabupaten Kendal lebih baik lagi kedepannya dan Insyaallah bisa lebih sejahtera lagi,” imbuhnya.

Dijelaskan, dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Kendal yang ke-417 pada tanggal 28 Juni 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Kendal menyelenggarakan Pekan Raya Kendal, selama satu minggu ke depan.

Dengan mengusung tema pulih bersama bangkit lebih hebat Pekan Raya kendali ini menjadi salah satu langkah awal Kendal untuk recovery baik secara sosial maupun secara ekonomi.

“Salah satu rangkaian acara PRK adalah Kendal Expo yang memadukan konsep hiburan budaya ekonomi kerakyatan agamaan dalam satu wadah harapannya Pekan Raya Kendal akan menjadi Event yang menandakan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 dan lebih baik lagi dari sebelum Covid-19,” jelas Dico.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penyerahan anugerah penggerak koperasi kepada kepala daerah baik kota maupun kabupaten di Indonesia.

Sementara, dalam sambutannya, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, berharap koperasi supaya bisa berkembang dan diterima oleh generasi muda.

“Kelompok milenial atau pemuda telah menjadikan platform digital sebagai pilihan utama dalam kehidupannya. Dengan potensi itu, saya meminta, kalangan milenial turut aktif membawa perubahan dalam transformasi ekonomi digital khususnya koperasi digital,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Airlangga, koperasi harus dikelola secara profesional dan harus mampu mengadopsi, serta mengantisipasi perkembangan dan dinamika yang terjadi dalam masyarakat, termasuk dalam era digital seperti sekarang ini.

“Koperasi juga harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan skala usaha dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan manajemen dan usahanya, maka kualitas SDM koperasi perlu terus ditingkatkan. Sehingga akan membawa Indonesia menjadi negara dengan pendapatan menengah ke atas,” imbuhnya.

Acara selanjutnya pembukaan Kendal Expo oleh Menko Perekonomian dan Bupati Kendal, yang dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand Kendal Expo di acara Pekan Raya Kendal 2022. (HS-06)

Kebumen Kembali Raih Penghargaan Kebumen Layak Anak 2022

Cegah Peyebaran Paham Terorisme, BNPT dan Komisi Informasi Pusat segera Buat MoU