Peringati Hari Jadi ke-474, Pemkot Semarang Gelar Program “Makan Kenyang Dapat Hadiah”

Plh Bapenda Kota Semarang, Widoyono saat diwawancarai awak media.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggelar program ‘Makan Kenyang 474 Dapat Hadiah’, mulai Kamis (15/4/2021) sampai Sabtu (15/5/2021) mendatang. Program ini sendiri menggandeng 474 resto dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Semarang.

Teknis pelaksanaan undian, masyarakat yang makan di restoran yang telah ditujuk Bapenda untuk mengirimkan struk atau nota pembayaran melalui Whatsapp Bapenda Kota Semarang yaitu 0811-2980-801. Bapenda juga telah mengunggah tata caranya di Instagram Bapenda Kota Semarang.

“Undian ini boleh diikuti siapa saja, untuk informasi resto yang kami gandeng ada 474 gerai. Cara pengiriman bisa dilihat di brosur atau mini banner di masing-masing restoran dan bisa melalui QR code,” kata Plh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Widoyono, Rabu (14/4/2021).

Widoyono menerangkan, undian tersebut sebenarnya adalah salah satu langkah apreasiasi kepada masyarakat yang telah membayar pajak ketika makan di resto atupun rumah makan.

Selain itu juga membudayakan setiap restoran mengeluarkan nota atau struk dalam setiap transaksi.

“Ini juga berhubungan dengan ketaatan dalam membayar pajak. Jika restoran tertib mengeluarkan nota, Bapenda akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan,” terangnya.

Ia menjelaskan, dalam undian tersebut disiapkan hadiah berupa 10 kulkas, 10 Smart TV 32 inc, dan 10 LED TV 24 inc. Nantinya pemenang akan diumumkan melalui website Bapenda Kota Semarang.

“Ini untuk memberi penghargaan kepada pembeli yang merupakan wajib pajak restoran,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pajak II Bapenda Kota Semarang, Elly Asmara menjelaskan, jika animonya positif bukan tidak mungkin akan lebih ditingkatkan dari segi waktu dan jumlah restoran yang digandeng.

“Mungkin kalau animonya positif akan ditingkatkan lagi, segi waktu, kupon, restorannya, atau hadiahnya. Sebelum ini ada 30 resto yang digandeng,” katanya.

Dari segi realisasi pendapatan pajak restoran saat ini, masih sangat baik dari sisi penerimaan. Tahun 2020 lalu, kata dia, realisasi pajak restoran mencapai 100,6 persen atau Rp 117 miliar dari target Rp 116 miliar.

Sementara capaian atau realisasi tahun 2021 mencapai 13,5 persen dari target.

“Tahun 2021 ini, Pemerintah Kota Semarang menaikkan target menjadi Rp 249 miliar. Realisasi hingga Maret 2021 sudah 13,5 persen,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.