in

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61, Kajari Kabupaten Pekalongan Gelar Vaksinasi

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE MM, Kepala Kejari Kabupaten Pekalongan Abun Hasbullah Syambas SH MSi, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiyawan Dwiantoro, memantau kegiatan vaksinasi massal di GPU Kajen. (Foto : Pekalongankab.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan, menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal, di GPU Kajen. Kegiatan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 dan Hari Ulang tahun XXI Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2021 ini, dibantu Pemkab Pekalongan, TNI, dan Polri.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini, juga dipantau secara langsung oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE MM, Kepala Kejari Kabupaten Pekalongan Abun Hasbullah Syambas SH MSi, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiyawan Dwiantoro.

Dalam pantauannya, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kejari Kabupaten Pekalongan, yang telah mau menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, pada hari Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 dan Hari Ulang Tahun XXI Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 202 ini.

Menurut Fadia, jika sinergi semacam ini terus dilakukan, maka besar kemungkinan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Pekalongan akan terus menurun.

Untuk itu dia berharap masyarakat juga harus siap dan turut aktif untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19.

‘’Ini merupakan wujud kepedulian kejaksaan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan. Hal ini ditunjukkan dalam ulangtahunnya pun membuat kegiatan vaksin massal bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan,’’ kata Fadia, seperti dirilis Pekalongankab.go.id.

Sementara itu, dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Kepala Kejari Kabupaten Pekalongan, Abun Hasbullah Syambas juga mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik antusias masyarakat, yang mau melakukan vaksinasi.

Di mana menurut Abun, semula pihaknya hanya menyiapkan 1.000 vaksin tetapi setelah didata dari lima kecamatan yang awalnya masing-masing mendapat 200, namun ternyata masih kurang sehingga pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Kodim 0710 Pekalongan.

‘’Dengan hal tersebut akhirnya kami lakukan koordinasi dengan Pak Dandim sehingga kita mendapatkan 2.000 vaksin. Dan di sini kita tampung sejumlah orang yang datang. Sisanya langsung disebarkan ke puskesmas-puskesmas, di masing-masing wilayah di Kabupaten Pekalongan,’’ ujar Abun.

Abun juga menuturkan bahwa jumlah total masyarakat yang sudah divaksin, sejumlah 1.070 orang, berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

‘’Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini, masyarakat bisa tidak terdampak virus Covid-19,’’ tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiyawan Dwiantoro juga mengatakan bahwa untuk vaksinasi di Kabupaten Pekalongan sampai sekarang sudah mencapai 8,9 %, sehingga masih di bawah 10 %. Menurutnya, hal tersebut dikarena adanya peningkatan jumlah sasaran sehingga total akumulasi yang semula sudah sudah 45% kini turun menjadi turun 8,9%.

‘’Sasaran kita sekarang ada tambahan remaja anak sekolah sebanyak 93.000 ini yang harus kita vaksin. Ini mulai hari Senin depan tanggal 19 Juli 2021,’’ ujar Setiyawan.

Adapun secara akumulatif sendiri, lanjut Setiyawan, dosis pertama vaksin sudah mencapai 66.719, dan untuk dosis kedua mencapai 33.927. Tingkat vaksinasi yang masih rendah tersebut, menurut Setiyawan disebabkan oleh jumlah vaksinnya sendiri yang masih terbatas, sehingga belum sepenuhnya dapat terpenuhi.

“Namun kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan vaksin itu dengan meminta langsung kepada Provinsi Jawa Tengah,’’ kata dia. (HS-08)

Share This

Santri Asal NTT dan Papua Ikut Vaksinasi di Kabupaten Pekalongan

750 Warga Jadi Sasaran Serbuan Vaksin TNI di Rumah Sakit Hermina Kota Pekalongan