in

Peringatan HSN 2021, Kepala BPS: Survei Kepatuhan Prokes di Kendal Cukup Tinggi

Kepala BPS Kendal, Umi Hastuti saat menyerahkan penghargaan di Hari Statistik Nasional, Senin (27/9/2021).

 

HALO KENDAL – Tema peringatan Hari Statistik Nasional tahun 2021, “Mewujudkan data berkualitas untuk Indonesia tumbuh dan tangguh”, diharapkan sosialisasi protokol kesehatan lebih ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal, Umi Hastuti, usai upacara Peringatan Hari Statistik Nasional, Senin (27/09/2021).

“Tingkat kepatuhan masyarakat di Kabupaten Kendal terhadap protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat bisa dikatakan cukup tinggi,” ungkapnya.

Hal ini berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal tentang perilaku masyarakat pada masa PPKM Darurat menunjukan tingkat kepatuhan protokol kesehatan sangat tinggi.

“Hasilnya, 90,22 persen patuh memakai masker dan 77,32 persen rajin cuci tangan,” ujar Umi Hastuti.

Dari survei yang dilakukan hanya satu minggu, yakni tanggal 13 hingga 20 Juli 2021 secara online melalui WA blast dan bersifat sukarela, kepada 2.218 responden.

Umi memaparkan, kategori responden yang terbanyak usia 17-30 tahun yang didominasi kaum perempuan sebanyak 59,6 persen.

“Sebagian besar responden sudah menikah sebesar 56 persen, sedangkan kategori pendidikan sebagian besar D4 dan S1 sebesar 40,67 persen, dan pada waktu itu responden yang sudah divaksin Covid-19 sebesar 59,47 persen,” paparnya.

Umi menyebut, hasil survei ini tidak menggambarkan kondisi Kabupaten Kendal, namun hanya menggambarkan perilaku dari responden yang berjumlah 2.218 orang.

Hasil survei menunjukkan tingkat kepatuhan cukup tinggi. Namun yang perlu diperhatikan, sikap peduli untuk mengingatkan kepada orang lain masih rendah.

“Tingkat kepatuhan memang tinggi, tetapi yang tidak patuh kan masih ada. Jadi sosialisasi untuk menggaungkan protokol kesehatan itu penting dan harus dilakukan terus,” imbuh Umi.

Pada peringatan Hari Statistik Nasional (HSN), BPS Kendal memberikan piagam penghargaan kepada karyawan yang terbaik kinerjanya.

Menurut Umi, penghargaan dipilih tiap bulan, mulai Januari sampai Agustus 2021.

“Tiap bulan dipilih karyawan terbaik atau employ of demand, namun pemberian piagam penghargaannya dilakukan bersamaan peringatan HSN,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, kolaborasi dengan pemerintah daerah semakin meningkat. “Kami terus bersinergi dengan Pemkab Kendal yang telah berjalan dengan baik,” pungkas Umi Hastuti.(HS)

Share This

Gagal Menang, Persijap Kritik Gol Dianulir dan Pergantian Pemain

Akhiri Masa Kelam dengan Kemenangan