Peringatan Harlah NU ke-98 Ditandai Peletakan Batu Pertama Pembangunan Panti Asuhan di Pegandon Kendal

Peletakan batu pertama Pembangunan Panti Asuhan dan Majelis Takwil di Desa Tegorejo, Kecamatan Pegandon, Minggu (7/3/2021).

 

HALO KENDAL – Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Kendal, memperingati Harlah NU ke-98 dan HUT BPR Nusamba Cepiring ke-31, yang diisi dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Panti Asuhan dan Majelis Taklim di Desa Tegorejo, Kecamatan Pegandon, Minggu (7/3/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, Ketua PCNU Kendal, KH Danial Royyan, Anggota DPR RI, Mujib Rohmat, Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto, serta pejabat lainnya.

Ketua PCNU Kabupaten Kendal, KH Danial Royyan dalam sambutannya menekankan, di ulang tahun yang ke-98 ini, NU tetap akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Harlah diperingati secara serentak di seluruh penjuru tanah air mengusung tema “Menyongsong Satu Abad, Menuju Kemandirian NU”, tak terkecuali dengan Kabupaten Kendal. Usia NU sudah hampir satu abad, saya tegaskan bahwa NU akan tetap setia kepada NKRI,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PCNU Kendal mengungkapkan, atas nama warga NU se-Kabupaten Kendal, pihaknya mengucapkan selamat atas terpilihnya Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal periode 2021 – 2026.

“Untuk itu kita harus tetap bersatu dan solid seperti Bupati dan Wakil Bupati kita yang sudah bisa hadir bersama dalam acara ini. Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada beliau berdua atas kehadirannya. Semoga di tangan beliau berdua, Kabupaten Kendal lebih maju dan berkembang,” kata Kiai Danial.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan, Khusnul Huda mengatakan, dalam peringatan Harlah ke-98 ini sebagai momentum bertemunya para sesepuh juga para tokoh yang selama sempat berbeda pendapat dan pilihan dalam Pilkada 2020 lalu.

“Alhamdulillah hari ini semua bisa berkumpul dalam acara peringatan Harlah NU ke-98. Kita harus akui, selama ini berbeda pandangan dan pilihan, namun di acara hari ini semua bisa bersatu. Sehingga pertemuan ini menjadi berkah,” ungkapnya.

Huda yang juga menjabat Ketua LazisNU Kendal menjelaskan, untuk luas Panti Asuhan dan Majelis Taklim, menempati tanah wakaf dengan area seluas 263 meter persegi.

“Terima kasih kepada bapak Purwanto dan ibu Kumiyati yang telah memwakafkan tanahnya. Semoga amal dan ibadah bapak ibu dan keluarganya mendapat balasan dari Allah SWT, serta dengan bantuan ini bisa bermanfaat,” imbuhnya.

Huda juga menambahkan, pembangunan panti asuhan dan Majelis Taklim ini nantinya akan dilaksanakan oleh BPR NUsamba Kendal dan LazisNU Kendal.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas peran serta warga Desa Tegorejo, Kecamatan Pegandon yang telah sengkuyung dan membantu secara sukarela, pembangunan Panti Asuhan dan Majelis Taklim.

“Dalam pembangunan yang akan dimulai bulan Maret ini, Insya-Allah kami tidak membuat maupun mengajukan proposal kepada siapapun. Namun, kita tidak akan menolak apabila ada donatur maupun dermawan yang akan menyumbang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten mendukung adanya kegiatan pembangunan Panti Asuhan ini.

Selain itu pihaknya juga siap bersinergi dengan pihak manapun dalam rangka percepatan pembangunan Kabupaten Kendal.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya dan Pak Basuki mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung dan memberikan amanat kepada kami. Insya-Allah kami akan jaga amanat ini, dan menjalankan pemerintahan dengan sebaik-baiknya,” kata Dico.

Di tempat yang sama, Direktur Utama BPR Nusamba, Bambang Susanto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan masyarakat kepada BPR Nusamba, hingga bisa berdiri sampai 31 tahun.

“Kami akan terus mensupport kegiatan sosial dengan bermitra dengan LazisNU ataupun PCNU Kendal, agar lebih bisa bermanfaat untuk warga. Seperti di antaranya program bedah rumah, penyaluran sembako, bantuan modal maupun sarana usaha UMKM juga pembangunan panti asuhan ini,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan gerobak usaha kepada warga dan peletakan batu pertama pembangunan, yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

Sementara itu, usai melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Panti Asuhan dan Majelis Takmil NU, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyatakan, dengan amanah yang telah diberikan, dirinya bersama bupati akan istiqomah menjalankan kepercayaan dari masyarakat Kendal dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, ini sudah menjadi tanggung jawab bupati dan dirinya sebagai pemimpin daerah Kabupaten Kendal.

“Mudah-mudahan dalam momentum peringatan Harlah NU ke-98 ini, menjadikan sinergitas antara para Ulama dan Umara semakin harmonis menuju pencapaian Kabupaten Kendal yang maju, berkembang, dan lebih religius,” pungkas Basuki.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.