in

Peringatan Hari Air Dunia 2024, Generasi Muda Diedukasi Konservasi Sumber Daya Alam

Peringatan Hari Air Dunia 2024 oleh Perum Jasa Tirta I, Sabtu (23/3/2024). (dok)

HALO SEMARANG – Perum Jasa Tirta I menggelar peringatan Hari Air Dunia tahun 2024 secara serentak dilaksanakan di semua wilayah kerja, Sabtu (23/3/2024).

Adapun untuk pelaksanaan di Divisi Jasa ASA IV Perum Jasa Tirta I dilaksanakan di Hulu Rawa Pening tepatnya Sunrise Hill Dusun Darum, Desa Candi Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Tema yang diangkat yakni Water For Peace. Perusahaan Umum Jasa Tirta I adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air. Wilayah kerja perusahan ini meliputi lima Wilayah Sungai, yakni Brantas, Bengawan Solo, Serayu-Bogowonto, Toba-Asahan, serta Jratunseluna.

Peringatan hari air dunia tahun 2024 ini merupakan Sinergi BUMN antara Perum Jasa Tirta I dan PT PLN Indonesia Power Mrica UBP Mrica. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan mengedukasi generasi muda tentang konservasi sumber daya alam.

Ada juga kegiatan penanaman pohon alpokat alligator 1000 batang, pemutaran video edukasi, ice breaking dan story telling yang melibatkan siswa SD Candi 3 kelas 3.

Kepala Divisi Jasa ASA IV, Didit Primbodo mengatakan, setiap tahun Word Water Day diperingati pada tanggal 22 Maret untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya air bersih dan berkelanjutanya. Pada tahun 2024 berfokus menyoroti hubungan erat antara air, perdamian dan berkelanjutan.

“Tantangan global seperti perubahan iklim urbanisasi yang cepat dan konflik atas sumber daya air menjadi semakin penting,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (24/3/2024).

Air selain sebagai sumber kehidupan, dapat menjadi sumber konflik jika tidak dikelola dengan bijak sehingga diperlukan kerja sama dalam memastikan akses yang adil dan berkelanjutan terhadap sumber daya air.

Sebagai bagian dari komitmen Perum Jasa Tirta I terhadap keberlanjutan sumber daya air, pihaknya berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyaraakan akan pentingnya air. Kegiatan tersebut akan dikemas dalam kegiatan penanaman pohon bersama serentak di lima wilayah Sungai yang dikelola Perusahaan dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

“Melalui pelibatan anak anak daharapkan juga dapat ditumbuhkan kesadaran untuk menjaga sumber daya air oleh seluruh lapisan masyarakatsejak dini,” terangnya.

“Dengan semangat kolaborasi dan komitmen bersama, kami percaya bahwa kita dapat mencapai tujuan bersama untuk menjaga air sebagai sumber perdamaian dan sumber kehidupan yang dapat diwariskan bagi generasi yang akan datang,” imbuhnya.(HS)

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (24/3/2024)

Operasi Pekat Candi Saat Ramadan, Polsek Limbangan Sita Belasan Botol Miras