Peresmian Polsek Nusakambangan, Kapolda Jateng: Sudah Sesuai Kakerda

Peresmian Polseo Nusakambangan oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi (16/3/2021).

 

HALO CILACAP – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi telah meresmikan Polsek Nusakambangan, Cilacap, pada Selasa (16/3/21).

Polsek ini sudah meningkat ke tipe D dari sebelumnya Polsek sektor di bawah Polsek Cilacap Selatan.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampikan, bahwa peresmian Polsek Nusakambangan ini sudah sesuai kakerda (karakteristik kerawanan daerah) di wilayah Nusakambangan. Sehingga, tiba saatnya Polsebsektor ditingkatkan menjadi Polsek Tipe D.

“Sarana prasarana dan anggota akan ditingkatkan dari 15 orang menjadi 30 orang dengan perkembangan wilayah yang ada,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai acara peresmian, saat gelar pres rilis di Dermaga SBI, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, dengan dukungan pemerintah Kabupaten Cilacap sebagai bentuk pelayanan masyarakat, Polsek merupakan basis deteksi yang terdepan di jajaran Polda Jawa Tengah, termasuk Polsek Nusakambangan.

“Sebenarnya kita akan kembangkan Kampung Laut yang nantinya akan dijadikan Polsek, seiring dengan kakerda wilayahnya masing-masing. Jadi Mabes Polri menilai setelah diajukan Nusakambangan baru akan ditingkatkan di Kampung Laut untuk wilayah Cilacap,” jelasnya.

Didirikannya Polsek Nusakambangan sebagai bentuk pelayanan dan pengamanan kamtibmas di pulau terluar dari Provinsi Jawa Tengah.

Harapannya, Polsek akan memperkuat pengamanan, terlebih di dalamnya merupakan tempat narapidana super maximum security, sehingga Polri akan memperbesar pengamanannya.

“Jumlahnya hampir 2500 napi yang yang ada disuper maximum, sehingga Bapas dan Lapas akan selalu koordinasi dengan kita untuk memberikan pengamanan,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi mengatakan, bahwa pengajuan peningkatan Polsebsektor Nusakambangan menjadi Polsek Tipe D sudah diajukan ke Mabes Polri beberapa tahun yang lalu dan di tahun 2021 baru disetujui.

“Karakteristik kerawanan daerah di Nusakabangan, kita bersinergi dengan kawan-kawan Kemenkumham, terkait pengamanan parameter di ring lapas tersebut,” ungkap Kapolres Cilacap.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.