in

Perdagangan Jateng – Singapura Surplus 3 Juta Dolar AS

Kadisperindag Arif Sambodo (Foto : Titoisnau)

 

HALO SEMARANG – Surplus perdagangan Jateng ke Singapura tahun 2021 masih surplus dan tahun ini berpotensi meningkat, karena masih akan ada pengiriman produk usaha kecil dan menengah (UMKM) ke Negeri Singa tersebut.

Hal itu diungkapkan Kadisperindag Provinsi Jateng, Arif Sambodo, terkait pengiriman produk hasil bumi, ikan sehat dan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari Jateng ke Singapura, menggunakan Maskapai Garuda Indonesia.

“Perbandingan ekspor dan impor dari Jateng ke Singapura, juga masih surplus, karena dari Januari hingga Oktober 2021 ekspor ke Singapura mencapai 72,3 juta Dolar AS. Adapun impor dari sana 69,6 juta Dolar AS, jadi masih surplus kurang lebih 3 juta Dolar AS,” terang Arif.

Ia menambahkan capaian ekspor pada 2021, meningkat dibandingkan dengan tahun 2020, dengan peningkatan 26 persen.

“Karena pada periode Januari hingga Oktober 2020, nilai ekspor ke Singapura 63 juta Dolar AS, dan pada periode yang sama di 2021, meningkat jadi 72 juta Dolar AS lebih,” tambahnya.

Lebih lanjut Arif Sambodo mengatakan, pengiriman barang senilai Rp 250 juta ke Singapura, merupakan pertanda menggeliatnya pedagangan antarnegara.

“Memang baru pertama, namun kegiatan ini menjadi pertanda bergeliatnya dunia perdagangan antarnegara, khususnya komoditas dari Jateng, yang dipasarkan ke Singapura,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, penerbangan kargo Garuda saat ini fokus untuk mengangkut komoditas kemaritiman, pertanian, dan barang industri.

“Langkah ini kami ambil, sebagai komitmen pemulihan kinerja dan mendukung ekosistem ekonomi, khususnya pelaku UMKM daerah,” katanya, Kamis kemarin (13/1/2022).

Dilanjutkannya, dibukanya penerbangan kargo merupakan tindak lanjut dari kolaborasi strategis yang dijalankan Garuda bersama Pemprov Jateng.

“Kami ingin membantu memaksimalkan potensi komoditas ekspor melalui aktivitas jalur udara yang ditunjang layanan penerbangan kargo Garuda Indoensia,” paparnya.

Garuda Indonesia mencatat, terjadi peningkatan trafik bisnis kargo dari kuartal 2021. Peningkatan tersebut mencapai 89 persen dibandingkan trafik bisnis kargo pada kuartal 3 2020.(HS)

PPKM Level 2, Polres Banjarnegara Gelar Vaksinasi Anak dan Operasi Yustisi

Pedagang Antusias Sambut Rencana Simpanglima Kedua di Jl Sriwijaya Semarang