in

Percepatan Vaksinasi, Klaten Siapkan 538 Vaksinator

Kegiatan vaksinasi di Klaten. (Foto: klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Kabupaten Klaten melakukan percepatan vaksinasi dengan menugaskan ratusan vaksinator di Puskemas dan fasilitas kesehatan yang ditetapkan. Klaten sendiri menargetkan lebih dari satu juta jiwa yang segera mendapat vaksin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten menyiapkan ratusan vaksinator guna mempercepat vaksinasi. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan saat ini Kabupaten Klaten memiliki 480 tenaga vaksinator aktif. Jumlah tersebut tersebar di 34 puskesmas dan beberapa faskes yang ditunjuk sebagai lokasi vaksinasi Covid-19..

“Selain tenaga vaksinator di bawah Dinkes, ada 35 vaksinator dari Polres Klaten dan 23 vaksinator Kodim 0723/Klaten,” kata Cahyono di Klaten, Rabu (25/8/2021).

Dengan jumlah vaksinator yang cukup banyak, percepatan vaksinasi kepada masyarakat dapat dimaksimalkan. Apalagi, target vaksinasi di Klaten masih belum tercapai. Saat ini baru 188.066 orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama. Ini berarti hanya 18,68 persen dari target sebanyak 1.006.000 jiwa.

Sedangkan vaksin dosis kedua pun baru mencapai 10 persen. Vaksin telah diberikan kepada 110.019 orang atau 10,93 persen dari target.

Selain itu, dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan telah diberikan kepada 2.693 orang atau 46,42 persen dari target. Masing-masing jumlah tersebut terus bertambah seiring program vaksinasi yang masih berjalan. Hanya vaksinasi memang belum mencapai target karena jumlah vaksin yang masih sangat terbatas.

“Upaya percepatan vaksinasi sudah dilakukan di antaranya dengan membuka vaksinasi umum kepada masyarakat dengan menghubungi puskesmas sesuai dengan domisili. Namun jumlah vaksin yang tersedia di Klaten masih sangat terbatas, kami hanya menerima droping vaksin dari Pusat,” ujar dia

Sementara itu Ketua Tim Ahli Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Ronny Roekmitto mengatakan percepatan vaksinasi cukup terbantu dengan adanya vaksinasi yang digelar Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten. Namun capaian saat masih jauh dari target, padahal dengan jumlah vaksinator yang tersedia, rata-rata 250 orang mendapatkan vaksin Covid-19 dari 34 puskesmas.

“Jika berdasarkan hitungan kemampuan vaksinator, target populasi yang harus divaksin bisa dicapai dalam 40 hari bila vaksin tersedia,” kata Ronny.

Ia menuturkan tinjauan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, dapat menjadi pertimbangan menambah jumlah alokasi vaksin bagi Kabupaten Klaten. Dengan demikian, Klaten diharapkan segera tercapai herd immunity.(HS)

Share This

Saat Mampir di D’Santri Caffee, Ini Pesan Pakde Bas Kepada Pemilik Kafe

Optimistis Mampu Salip Quartararo