in

Percepat Penciptaan Lapangan Kerja, Jokowi Tandatangani PP tentang KEK Kura Kura Bali

Kawasan Kura Kura Bali. (Sumber : Google)

 

HALO SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 23 Tahun 2023 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali.

Menurut keterangan Pemerintah Indonesia, seperti dirilis setkab.go.id, Senin (10/4/2023) dalam PP itu diatur bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali memiliki luas 498 hektare, terletak dalam wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Penetapan KEK ini dilakukan dengan pertimbangan, untuk percepatan penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah Kota Denpasar, dalam mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional.

Wilayah Serangan sebagai bagian wilayah Kota Denpasar, Provinsi Bali, telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus.

Kegiatan usaha di KEK Kura Kura Bali yaitu pariwisata dan industri kreatif.

Sesuai dengan ketentuan PP ini, Dewan Nasional KEK menetapkan badan usaha pembangun dan pengelola KEK Kura Kura Bali dalam jangka waktu paling lama 30 hari sejak PP mulai berlaku yakni pada 5 April 2023.

Badan usaha ini bertanggung jawab atas pembiayaan pembangunan dan pengelolaan KEK Kura Kura Bali.

Badan usaha sebagaimana dimaksud, melakukan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali, sampai dengan siap beroperasi, paling lama 36 bulan sejak Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku.

Adapun kesiapan beroperasi KEK Kura Kura Bali dituangkan dalam rencana aksi pembangunan KEK yang meliputi kesiapan prasarana dan sarana, sumber daya manusia, serta perangkat pengendalian administrasi.

Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus melakukan evaluasi terhadap penyelesaian pembangunan dan kesiapan beroperasi Kawasan Ekonomi Khusus Kura Kura Bali oleh badan usaha. (HS-08)

Modifikasi Pakaian Lama dengan Teknik Sashiko untuk Lebaran

Rp 33,5 Miliar untuk THR ASN dan PPPK Blora Segera Cair