in

Percepat Pembangunan Desa, Bupati Kendal Salurkan Dana Dusun di Desa Payung

Bupati Kendal Dico M Ganinduto resmikan rumah produksi petis di Dusun Tamansari Desa Payung Kecamatan Weleri, Selasa (1/3/2022)

HALO KENDAL – Dalam rangka mempercepat terwiujudnya desa yang kuat, maju, mandiri dan sejahtera, Pemerintah Kabupaten Kendal kembali menyalurkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) berupa Dana Dusun.

Hal itu disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meresmikan Rumah Produksi di Dusun Tamansari, Desa Payung, Kecamatan Weleri, Selasa (1/3/2022).

Disampaikan, BKK Dana Dusun dapat digunakan untuk pemerataan dan percepatan pembangunan desa, melalui pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dusun bisa tercapai.

Selain itu, lanjut Bupati, utamanya untuk meningkatkan perekonomian desa, serta penanggulangan kemiskinan.

“Program dan kegiatan yang dapat dibiayai dari bantuan keuangan khusus Kepada pemerintah desa berbasis dusun terdiri dari, bidang pembangunan, program infrastruktur bidang pembardayaan masyarakat, program pembangunan SDM, bidang pemberdayaan masyarakat, dan program pengembangan ekonomi mikro,” ujar Dico.

Selain itu, dengan BKK yang diberikan kepada pemerintah berbasis dusun, direncanakan dan dianggarkan sesuai dengan permohonan atau proposal dari pemerintah desa, dan diberikan sesuai kemampuan keuangan daerah melalui musyawarah desa.

“Kepala desa menyampaikan proposal atau usulan kepada bupati melalui camat, sesuai dengan skala prioritas. Pengalokasian besaran bantuan keuangan khusus, setiap dusun diberikan paling sedikit sebesar Rp100 juta dan paling banyak Rp300 juta,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Payung, Son Hanarno mengucapkan terina kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal atas penyaluran BKK Dana Dusun kepada dusun di bawahnya.

Dijelaskan, dana dusun yang disalurkan sebesar Rp 100 juta, kemudian dimanfaatkan untuk pembangunan Rumah Produksi pembuatan Krupuk Petis.

“Ya karena masyarakat desa kami kan banyak yang mengolah kerupuk petis, jadi dengan BKK dana dusun ini kami manfaatkan untuk membangun rumah produksinya,” ungkap Son Hanarno. (HS-06)

Jasad Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Tuntang dengan Sejumlah Luka 

Pertamina : Kenaikan Harga LPG Non Subsidi Tak Pengaruhi Harga LPG Subsidi 3 Kilogram