Peran Pengawas TPS Sangat Penting, Ini Tugas Dan Kewenangannya

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sumanta.

 

HALO SEMARANG – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pilkada serentak yang bakal digelar pada 9 Desember 2020 di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah, dinilai memiliki tugas dan peran yang sangat penting.

Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menyatakan, peran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) sangat penting dalam proses Pilkada serentak 2020.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sri Sumanta menyatakan, tugas dan kewenangan pengawas TPS di antaranya mengawasi persiapan pemungutan suara dan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan perhitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara.

“Tidak hanya itu, pengawas TPS juga memiliki kewenangan untuk menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Serta menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara,” ujarnya di Semarang.

Untuk itu, dia berharap agar pengawas TPS yang terpilih nantinya bekerja profesional, berintegritas, adil dan independen.

Bawaslu berharap agar terpilih PTPS yang profesional, berintegritas, adil, dan independen.

Sebelumnya, jajaran Bawaslu Provinsi Jawa Tengah akan membentuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pilkada 2020.

PTPS akan melakukan tugas pengawasan di 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang menggelar pilkada tahun ini.

Pendaftaran Pengawas TPS dibuka mulai 16 hingga 19 Oktober 2020.

Pengawas TPS di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang dibutuhkan mencapai 44.077 orang. Jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Jateng.

Setiap TPS harus diawasi satu Pengawas TPS. Karena saat ini masih dalam masa pandemi, proses pembentukan PTPS harus sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Misalnya, proses wawancara terhadap bisa dilakukan secara daring. Pendaftar Pengawas TPS dapat mengajukan surat lamaran dan berkas pendaftaran secara langsung, atau dapat dilakukan melalui media daring atau pos.

Informasi lebih lengkap bisa didapatkan di kantor Panwaslu masing-masing kecamatan. Atau bisa dibuka di website Bawaslu di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.