in

Penyebaran Informasi Publik, Bawaslu Jajaki Kerja Sama dengan Diskominfo Kendal

Penandatanganan kerja sama antara Kepala Diskominfo Kendal, Ardi Prasetyo dan Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria, di ruang Serbaguna Bawaslu Kendal, Rabu (1/11/2023).

HALO KENDAL – Dalam rangka optimalisasi pengelolaan pelayanan data dan informasi publik, Bawaslu Kendal melakukan perjanjian kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kendal di ruang Serbaguna Bawaslu Kendal, Rabu (1/11/2023).

Maksud dari perjanjian kerja sama, yaitu untuk menitipkan Penyebarluasan Informasi Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) kepada Diskominfo Kabupaten Kendal.

“Kami mohon bantuan dari Diskominfo Kendal, dalam waktu dekat ini mungkin kita akan kerja sama terkait Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang telah dibuat oleh Bawaslu, yang nantinya bisa ditampilkan di videotron. Dengan informasi tersebut, harapannya, supaya dapat dijangkau oleh masyarakat luas di Kabupaten Kendal,” ujar Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria.

Selain penyebarluasan informasi melalui videotron, lanjutnya, Bawaslu Kendal mengharapkan ke depan dapat bekerja sama dengan Diskominfo terkait penayangan ILM di platform media sosial Diskominfo.

“Melihat dari tusi Diskominfo terdapat satu klausul untuk menjalin kerja sama dengan stakeholder dalam rangka diseminasi informasi yang disampaikan kepada masyarakat, melalui konteks ILM tersebut, bisa membangun kemitraan dengan Bawaslu, yang merupakan bagian dari itu,” imbuh Hevy.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal, Ardi Prasetyo mengatakan, materi yang nanti akan disebarluaskan termasuk konsekuensinya menjadi wewenang dari Bawaslu karena posisi Diskominfo sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ini hanya menjaring kemitraan dengan sesama institusi pemerintah.

“Saya rasa kerja sama merupakan kegiatan yang sangat baik. Karena jika saya lihat dari tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada kerja sama antara Bawaslu terkait dengan penyebarluasan informasi melalui kanal media sosial Pemkab yang memuat terkait pengawasan pemilu dari Bawaslu,” ujarnya.

Ardi berharap, apa yang ingin disampaikan oleh Bawaslu kepada masyarakat bisa sampai ke jajaran paling bawah. Selain itu, kerja sama juga nanti dapat diadopsi di tiingkat kecamatan antara Panwaslu Kecamatan dengan Pemerintah Kecamatan dalam rangka penyebarluasan informasi menggunakan media-media yang dikelola oleh kecamatan.

“Itu juga menjadi momen yang sangat pas kalau penyebarluasan informasi akan dibangun jejaring sampai tingkat desa, untuk menghidupkan website desa yang sudah dibangun Diskominfo sejak tahun 2018 dengan update materi pengawasan Pemilu,” ungkapnya.(HS)

Semarakkan Harbolnas, Blibli Luncurkan Promo ‘Bejibun’

Pj Gubernur Jateng Gandeng APINDO Sosialisasikan Pemilu Damai kepada Buruh