Penyaluran BLT Kepada 114 PKM Desa Sendang Dawung di Aula SMPN 3 Cepiring

Proses penerimaan Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari Dana Desa (BLT-DD) dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Desa Sendang Dawung, Kecamatan Kangkung, yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 3 Cepiring, Rabu (15/7/2020).

 

HALO KENDAL – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari Dana Desa (BLT-DD) dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Desa Sendang Dawung, Kecamatan Kangkung, yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 3 Cepiring, Rabu (15/7/2020).

Kepala Desa Sendang Dawung, Sulastro mengatakan, kegiatan pembagian BLT-DD tahap ketiga hari ini, diserahkan kepada 114 keluarga kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19 di desanya.

Dirinya berharap, bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pemerintah desa telah berupaya sebaik-baiknya untuk menyeleksi warga yang berhak menerima.

“Semoga bantuan BLT-DD masing-masing Rp 600 ribu untuk bulan Juli 2020 ini bermanfaat bagi keluarga penerima yang berhak dan yang terdampak pandemi Covid-19,” kata Sulastro.

Menurutnya ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk menghadapi dampak pandemi virus Covid-19. Di antaranya bantuan BLT-DD, PKH, dan bantuan pangan non-tunai (BPNT).

“Keluarga penerima manfaat sebagai penerima bantuan harus tahu bahwa hanya bisa menerima satu jenis batuan, tidak bisa dobel. Ini saya sampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan pemerintahan desa,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa (Sekdes) Sendang Dawung, Budi Ristanto menambahkan, pelaksanaan pembagian BLT-DD melibatkan Bank BPD Cabang Kendal sebagai tempat rekening kas desa ditempatkan.

“Sasaran penerima BLT Dana Desa yakni keluarga penerima manfaat nonpenerima bantuan PKH, BPNT, BST, dan bantuan sejenis lainnya. Besarnya bantuan Rp 600 ribu selama tiga bulan,” terangnya.

Ditambahkan oleh Budi, semuanya telah melakukan pendataan calon penerima BLT-DD, dengan melakukan Musyawarah Desa (Musdes) khusus validasi, finalisasi, dan penetapan calon penerima BLT-DD.

“Musdes dilaksanakan untuk melakukan validasi, finalisasi, dan menetapkan calon KPM penerima BLT-DD melalui musyawarah mufakat,” pungkasnya.

Teknis pembagian BLT-DD dilaksanakan dengan memenuhi protokol pencegahan Covid-19. Penerima diundang secara bergiliran, tempat duduk antrean berjarak aman, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, serta memakai masker.

“Untuk KPM yang tidak dapat hadir dan diwakilkan, maka harus melampirkan surat keterangan dari kepala desa dengan mengetahui pihak kecamatan,” pungkasnya.

Salah satu warga penerima, Subur (52) mengaku senang dan terbantu dengan adanya BLT-DD ini. Menurutnya bantuan ini bermanfaat untuk kehidupan sehari-harinya di masa pandemi ini.

“Kami merasa terbantu, apalagi dengan adanya virus corona ini, sulit bagi kami untuk bergerak dan mencari penghasilan,” singkat Subur.

Dalam pembagian tahap ketiga, ada 4 lokasi pembagian yakni di Aula kecamatan Kangkung, Balaidesa Rejosari, Balaidesa Gebangamom dan di SMPN 3 Cepiring, dengan total 1.006 KPM dari 15 desa di Kecamatan Kangkung.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.