Penyaluran 79 KK BLT DD Desa Ngasinan, Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Warga Desa Ngasinan, Kecamatan Weleri, saat menerima BLT DD tahap VII di Balai desa setempat, Senin (9/11/2020).

 

HALO KENDAL – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) diperpanjang hingga Desember 2020. Sebelumnya tahap pertama, per bulan menerima Rp 600 ribu selama tiga bulan.

Namun dalam bantuan lanjutan BLT DD kini jumlahnya Rp 300 ribu per bulan, untuk keluarga penerima manfaat (KPM).
Kepala Desa Ngasinan, Zaeni mengatakan, hingga kini BLT DD sudah sampai pada tahap ketujuh dengan jumlah 79 penerima, masing-masing penerima mendapatkan Rp 300 ribu.

“Selain itu dengan keluarnya Permendes Nomor 14 tahun 2020 BLT DD dilanjutkan hingga tahap sembilan,” ungkapnya, Senin (9/11/2020).

Dijelaskan, untuk data penerima sudah ditetapkan dalam peraturan kepala desa (Perkades).

“Penyaluran tahap lanjutan untuk tiga bulan. Jumlah penerima bisa berkurang atau bertambah dari sebelumnya,” jelas Zaeni.

Dia juga mengatakan, sebelumnya penyaluran BLT DD tahap pertama hingga ketiga sebesar Rp 600 ribu per KPM.

“Sedangkan, tahap lanjutan Rp 300 ribu per KPM. Sehingga, tahap lanjutan ini bisa meringankan keluarga terdampak Covid-19,” imbuh Zaeni.

Soal penyaluran BLT DD, saat ini masih mengalami kendala dalam proses pengajuan virtual acount. Karena pencairan BLT DD di Kendal dilakukan secara non-tunai melalui bank pemerintah.

Sehingga menurutnya, proses pengajuan virtual acount terlalu lama.

“Namun untuk mengatasi kendala itu, pendamping desa memfasilitasi persyaratan pencairan BLT DD. Sehingga proses pengajuan virtual acount dapat diproses lebih awal,’’ kata Kepala Desa Ngasinan.

Zaeni juga mengapresiasi warganya yang mematuhi protokol kesehatan, saat datang ke Balai Desa dan saat mengantri.

“Kami berterima kasih kepada warga, karena sudah mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan, dan diperiksa suhu tubuhnya, serta tertib menjaga jarak. Ini penting guna mencegah penularan virus Covid-19,” pungkasnya.(HS-EI)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.