in

Penularan Covid Meningkat, Pemkab Kendal Akan Tingkatkan Pengawasan

Satgas Covid-19 Kecamatan Patebon melakukan monitoring pelaksanaan Rapid Antigen di Lapas Terbuka Kendal, Senin (24/5/2021).

 

HALO KENDAL – Munculnya beberapa kasus penularan Covid-19 usai Idul Fitri, membuat Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan berbagai upaya agar tidak terjadi peningkatan.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, ada tiga klaster yang muncul di Kendal setelah Lebaran ini. Yakni klaster Tarawih, klaster Lapas Kendal dan Lapas Patebon.

“Untuk sementara baru ada beberapa kecamatan. Secara umum, di Kabupaten Kendal peningkatan kasus belum signifikan. Tapi ada laporan munculnya klaster di tiga tempat tersebut,” ujarnya.

Dico mengaku, pihaknya sudah mengecek dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dengan Satgas PPKM tentang adanya tiga klaster ini.

“Semua kita tindak lanjuti, yang ada kontak erat dengan yang positif ini akan kita tes antigen dan isolasi mandiri. Dan hari ini kami kordinasi dengan satgas PPKM Kecamatan Singorojo dan Lapas, sekaligus memastikan tidak muncul lagi klaster baru Covid-19,” terangnya.

Yang terpenting saat ini menurut Dico, untuk dua Lapas yang ada di Kendal adalah fokus pada tracing dan mencari permasalahannya.

“Ini harus saya cek lagi. Kenapa bisa terjadi dan apa penyebabnya. Karena sebelum Lebaran saya sudah cek lapas-lapas yang ada di Kendal. Dan mereka melaporkan meniadakan kunjungan,” ujarnya.

Dico berharap masyarakat tetap mentaati aturan-aturan pemerintah. Sebab, aturan itu semata-mata untuk melindungi masyarakat dari bahaya virus ini.

“Yang perlu adalah bagaimana agar kasus ini tidak melonjak. Salah satu faktor utamanya adalah melakukan swab antigen ataupun PCR bagi mereka yang kembali dari bepergian,” pungkas Dico.

Sementara itu di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, personel gabungan dari Satgas Kecamatan Patebon terlihat sedang monitoring kegiatan rapid antigen kepada 71 penghuni dan keluarga pegawai Lapas.

Seperti diberitakan sebelumnya, muncul klaster baru di dua Lapas yang ada di Kendal. Puluhan orang, baik penghuni maupun pegawai Lapas dinyatakan positif terpapar Covid-19.(HS)

Pria Yang Hilang Di Sungai Jeratun Ditemukan Meninggal

Ganjar Kena Sentil PDIP Jateng, Pengamat: Bagian Dinamika Internal