in

Pentingnya Penguasaan Teknologi Digital Bagi Tenaga Pendidik

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Penguasaan dan pemahaman tentang teknologi digital dinilai sangat penting bagi para tenaga pendidik. Apalagi saat ini perkembangan teknologi sudah maju sangat pesat. Dan banyak pelajar yang update tentang perkembangan teknologi. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko menanggapi tentang persoalan dan tantangan pendidikan di Jawa Tengah.

Dirinya pun mendorong tenaga pendidik atau guru beradaptasi dengan tantangan zaman. “Salah satunya yaitu guru dituntut untuk menguasai teknologi digital guna menunjang proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan saat ini menghadapi tantangan yang cukup berat, karena tenaga pendidik atau guru harus bisa beradaptasi dengan teknologi digital untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi zaman,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurut Heri Londo, sapaan akrabnya, generasi guru saat ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Sebab tuntutan terhadap penguasaan teknologi bersifat mutlak. Apalagi sejak Merdeka Belajar diberlakukan, peningkatan keterampilan digital bersifat mutlak bagi guru.

Selain itu, ia juga menilai peran media sosial cukup besar karena mampu mempengaruhi anak didik. Untuk itu, tenaga pendidik harus mampu memahami persoalan yang ada di media sosial, sehingga dapat memilah pantas atau tidak bagi anak didiknya. Termasuk memberikan pemahaman kepada anak didiknya.

“Dunia digital itu sangat kompleks sehingga dibutuhkan kemampuan untuk memahami konten yang ada di media sosial. Dengan begitu, para pendidik tetap menanamkan budi pekerti di tengah derasnya iklim milenial saat ini,” beber politis Partai Gerindra tersebut.

Selain itu, Heri juga menyinggung mengenai kesejahteraan tenaga pendidik yang tidak seimbang dengan pengabdiannya, terlebih bagi guru honor. Sehingga pihaknya mendorong pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan guru.

“Permasalahan yang terjadi, terutama di pelosok-pelosok desa memang ini masih banyak guru honorer yang kurang sejahtera. Sehingga dibutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Karena kalau kesejahteraan terangkat, maka semangat mengajar juga akan tumbuh,” terangnya.

Lebih jauh, ia mengajak seluruh elemen masyarakat di Jateng untuk bersama-sama dalam memajukan pendidikan. Pasalnya melalui pendidikan akan lahir generasi dengan SDM yang unggul yang dapat berperan dalam kemajuan bangsa.

“Kita harus bersama-sama memajukan pendidikan di Jawa Tengah, ini adalah tugas kita bersam. Dimulai dari keluarga, sekolah, lingkungan masyarakat, dan juga yang paling penting adalah dukungan dari pemerintah,” pungkas Heri.(Advetorial-HS)

Pj Bupati Pati Harapkan SMK Mitra Industri 02 Responsif dengan Masa Depan

Tania dan Atha Terpilih Sinok-Sinang Duta Wisata Kendal 2023