Peningkatan Kualitas Jalan Desa Sendangkulon, Kendal Diharap Mampu Perbaiki Perekonomian Warga

Proses pembangunan jalan di Dusun Pening dalam program TMMD Reguler 109, Selasa (15/9/2020).

 

HALO KENDAL – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 yang tengah berlangsung di Dusun Pening, Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, diharapkan akan berdampak positif pada roda perekonomian.

Apalagi salah satu program yang sedang dijalankan adalah peningkatan kualitas jalan yang menjadi akses utama warga.

Warga Dusun Pening pum berharap, selesainya pembangunan jalan dengan konstuksi beton yang dilakukan oleh Kodim 0715/Kendal tersebut, segera selesai.

Sehingga bisa mempermudah aktivitas warga yang sudah lama kesulitan memperoleh akses layak ketika jalan rusak.

Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto mengatakan, Program TMMD tahun ini dipusatkan di akses masuk Desa Sendangkulon menuju Dusun Pening, yang berada di pesisir pantai utara Jawa. Selama ini kondisi jalan di wilayah itu memang memperihatinkan.

“Jalan yang hanya berupa tanah dan sedikit ada bebatuan terlihat kering dan bergelombang. Namun bisa berubah seperti sawah manakala memasuki musim hujan. Bila melintasi harus ekstra hati-hati, karena bisa terpeleset,” ungkap Dandim.

Namun tidak lama lagi, lanjut Dandim, berkat program TMMD, akses satu-satunya ke Dukuh Pening ini akan berubah.

“Karena saat ini tengah berlangsung proses pengerjaan peningkatan kualitas jalan dengan strujtur beton, yang dibangun secara gotong royong oleh anggota TNI dengan masyarakat,” imbuh Dandim.

Menurutnya, masyarakat Dusun Pening sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Di tengah suasana paceklik seperti yang dirasakan saat ini, membuat warga belum berani berangkat melaut dikarenakan ikan masih sulit didapat.

Untuk mengisi waktu luang, digunakan oleh para nelayan untuk memperbaiki jaring.

“Untuk perbaikan jaring dan perahu, nelayan butuh ke kota untuk belanja kebutuhan. Maka akses jalan menjadi sangat penting bagi mereka,” katanya.

Salah satu warga, Ngadri mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada TNI, yang sudah memperhatikan masyarakat dusunnya yang terpencil ini.

“Dengan dibangunnya Jalan Pening, nantinya baik warga maupun pelajar mudah keluar masuk. Dan jalan yang bagus bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat, karena hasil melaut bisa kami jual ke kota,” ungkapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.