in

Pengurus Paguyuban Kades “Bahurekso” Periode 2021-2024 Kabupaten Kendal Dikukuhkan

Foto bersama usai pengukuhan Pengurus Kades Bahurekso Kendal, Selasa (14/9/2021).

 

HALO KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengukuhkan pengurus Paguyuban Kepala Desa “Bahurekso” Masa Bakti 2021-2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Pemkab Kendal, Selasa (14/9/2021).

Selain Bupati, acara juga dihadiri Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dan jajaran Forkopimda Kabupaten Kendal, serta puluhan pengurus dan anggota paguyuban.

Acara pengukuhan diisi dengan pembacaan komitmen pengurus baru, sekaligus penandatanganan secara simbolis komitmen oleh Bupati Kendal dengan perwakilan pengurus.

Adapun susunan pengurus inti paguyuban, Ketua Umum Abdul Malik, Sekretaris Umum Siti Mudrikah dan Bendahara Umum Rusmanto.

Ketua Paguyuban Kades ‘Bahurekso” yang baru saja dilantik, Abdul Malik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh kepala desa.

“Paguyuban ini merupakan penyatuan dari 266 kepala desa di Kabupaten Kendal. Untuk itu perlu adanya wadah komunikasi dan koordinasi agar semuanya sejalan dengan program dari Pemerintah Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Untuk itu, Malik juga meminta bimbingan dan arahan dari Bupati dan Wakil Bupati Kendal sesuai dengan visi dan misi dalam mewujudkan Kabupaten Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan.

“Penyatuan paguyuban dimaksudkan sebagai wadah silaturahmi dan saling tukar informasi, agar fungsi dan kinerja Kepala Desa lebih optimal dalam memajukan desa. Namun kebutuhan dan kemampuan masing-masing Desa beragam, sehingga dengan adanya wadah Paguyuban “Bahurekso” ini diharapkan bisa menjadi wahana koordinasi antar-desa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan visi misi dari Paguyuban Kades “Bahurekso” Kendal, yang salah satunya terkait pengelolaan sampah plastik.

“Meski berguna, plastik juga bisa berdampak buruk terhadap lingkungan. Terutama terkait limbah dan polusi yang ditimbulkan. Untuk itu perlu perhatian semua baik pemerintah daerah sampai dengan pemerintah desa dan masyarakatnya,” kata Malik.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus Paguyuban Kades “Bahurekso” Kabupaten Kendal periode 2021-2024.

“Selamat bertugas semoga amanah, guyub rukun, serta kompak untuk kepentingan bersama agar kabupaten lebih baik lagi. Selain itu diharapkan paguyuban ini bisa menjadi wadah saling tukar informasi dan edukasi demi kemajuan desa yang selaras dengan visi misi pemerintahan daerah,” kata Dico.

Dirinya juga berpesan, karena kepala desa merupakan ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, untuk itu perlu pemahaman dan sosialisasi terkait protokol kesehatan di masa pandemi.

Selain itu Dico juga mengajak semua Kades untuk mendukung program Industri pariwisata, supaya bisa jadi pendorong untuk UMKM unggulan. Sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan masyarakat Kendal.

“Enam persen dari masyarakat Kabupaten Kendal belum mendapatkan pekerjaan. Jadi program pengembangan industri dan pariwisata harus kita dukung, untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kendal,” imbuhnya.

Dico juga mendukung program dari Paguyuban Bahurekso, untuk mewujudkan Desa Bebas Sampah Plastik

“Berkenaan dengan pengendalian limbah plastik dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Meskipun ada banyak kegunaan dari plastik, namun limbah dan polusi dapat berdampak buruk. Oleh karena itu, praktik pengelolaan limbah harus digalakkan dan diperkuat di masyarakat,” paparnya.

Dico juga meminta, para kepala desa kalau membuat acara bisa memulai dengan tidak menggunakan botol plastik dan memulai dari diri sendiri serta mencontohkan kepada warga.(HS)

Share This

Pemain Timnas U-18 Jalani TC Tahap Ketiga

Pemprov Jateng Dapat Penghargaan WTP 10 Kali Berturut Dari Kemenkeu