in

Pengurus Dewan Kesenian Kota Semarang Periode 2022-2027 Resmi Dilantik

Pelantikan kepengurusan Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase) periode 2022-2027 oleh Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin dalam acara Gilogilo di Alun-Alun Kauman Kota Semarang, Minggu (26/9/2022) malam.

HALO SEMARANG – Pengurus Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase) periode 2022-2027 resmi dilantik. Proses pelantikan dilakukan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang diwakili oleh Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin dalam acara Gilogilo di Alun-Alun Kauman Kota Semarang, Minggu (26/9/2022) malam.

Dekase pada periode ini beranggotakan 32 orang yang diketuai oleh Adhitia Armitrianto dengan Pelindung Dekase yakni Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Kegiatan pelantikan dimeriahkan oleh acara musik, pemutaran film dan pementasan tari dari Semarang.

Dalam sambutannya, Sekda Semarang, Iswar Aminuddin mengucapkan selamat kepada para pengurus Dekase yang baru dilantik. Iswar berharap kepada seluruh anggota Dekase untuk lebih menggiatkan kegiatan kesenian demi memajukan budaya di Kota Semarang.

“Kami dari Pemerintah Kota Semarang mengucapkan selamat kepada para pengurus Dekase Kota Semarang periode 2022-2027. Kami berharap bahwa hubungan kolaborasi dalam membangun Kota Semarang akan terus digalakan (digiatkan) bersama agar Kota Semarang bisa menjadi lebih sejahtera,” ujar Iswar.

Disisi lain, dirinya mengakui, semua kegiatan kesenian di beberapa daerah khususnya di Kota Semarang mengalami kesulitan akibat selama pandemi Covid-19. Untuk itu dengan adanya kepengurusan yang baru ini bisa mendorong dan membangkitkan kembali kegiatan-kegiatan kesenian.

“Dua tahun terakhir 2020-2021 adalah masa yang tidak menyenangkan bagi kita semua. Karena dengan adanya pandemi Covid-19 langkah-langkah bagaimana kita berkarya semuanya terhalang. Tetapi hari ini tahun 2022 alhamdulillah pandemi Covid-19 dapat kita lawan sehingga kita berharap karya para seniman bisa membuat Kota Semarang bergelora,” jelasnya.

“Mari kita bawa kota yang kita cintai ini bergerak bersama karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan terutama kaitan dengan seni budaya di Kota Semarang,” tambahnya.

Oleh karena itu, Pemkot Semarang meminta kepada Dekase agar terus menjaga kebudayaan di Kota Semarang. Sehingga nilai-nilai sejarah yang berkaitan dengan kesenian di Kota Lunpia bisa terus terawat.

“Kota Semarang adalah kota yang bersejarah. Oleh karena itu perlu kita rangkai bersama untuk terus memberikan gambaran tentang posisi Kota Semarang di republik ini. Saya mengajak kepada pengurus yang baru dilantik ini untuk mengangkat seni dan budaya di Kota Semarang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dekase periode 2022-2027, Adhitia Armitrianto mengatakan, pihaknya akan terus berkontribusi dalam memajukan kesenian dan kebudayaan di Kota Semarang. Untuk itu, dirinya memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar kesenian di Kota Semarang terus terjaga.

“Kami pastikan akan menjaga kelestarian kesenian dan budaya di Kota Semarang. Kami mohon doa dan dukungan dari Pemerintah Kota Semarang serta masyarakat agar kegiatan dalam menjaga kesenian di kota yang kita cintai ini bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya. (HS-06)

Persoalan Regenerasi Dibahas Dalam Muslok XI Orari Cilacap

Ganjar Optimalkan Kagama untuk Garap Potensi Wisata Nias