in

Pengurus Baru Dikukuhkan, IPSM Jadi Kekuatan Bantu Permasalahan Sosial

Plt Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Rembang, Agus Salim melantik pengurus IPSM periode 2021-2026, di aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang, Rabu (22/9). (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO REMBANG – Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), diimbau agar dapat bersinergi dengan banyak pihak, seperti badan usaha, pilar-pilar sosial, dan komunitas sosial lainnya. Dengan demikian akan mempermudah penyelesaian masalah di masyarakat.

Saran tersebut disampaikan Plt Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Rembang, Agus Salim, ketika melantik pengurus IPSM periode 2021-2026, di aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang, Rabu (22/9).

Agus Salim juga mengatakan bahwa IPSM adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial. Karena itu para pengurusnya, perlu menjaga motivasi dalam membantu masyarakat.

Dia juga mengingatkan, salah satu sumber daya manusia (SDM) penyelenggara urusan kesejahteraan sosial, adalah pekerja sosial masyarakat (PSM). PSM merupakan kekuatan untuk menggerakkan kepedulian di masyarakat.

Aktif di IPSM, disebut Agus merupakan panggilan hidup. Oleh karena itu komitmen menjadi kunci penting dalam mengabdi di tengah masyarakat.

”Kesadaran membangun komitmen merupakan hal yang penting bagi pekerja sosial masyarakat,” ujarnya.

Dwi Ahmad Basori, Ketua IPSM yang baru, menuturkan kemiskinan merupakan permasalahan yang cukup kompleks. Tentu dengan kondisi tersebut, perlu adanya sinergitas semua pihak, termasuk komunitas-komunitas sosial.

Dia berkeinginan IPSM juga bisa berdiri di tingkat kecamatan. Jika di semua kecamatan ada tentu masyarakat yang merasakan manfaatnya lebih banyak.

“Harapan kami IPSM juga bisa ada menyebar di tingkat kecamatan-kecamatan. Karena baru beberapa kecamatan saja yang membentuk.”

Hadir dalam pengukuhan pengurus IPSM diantaranya komunitas Info Rembang Berbagi (IRB), Komunitas Covid Ranger, Komunitas sepeda Mak Jeganggik dan sedekah rombongan.

Secara spesial, Ketua LKKS sekaligus istri Bupati Rembang, Hj.Hasiroh Hafidz menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, komunitas sosial yang telah bergerak untuk membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19. Harapannya dengan bantuan komunitas, perjuangan pemkab untuk menekan angka kemiskinan semakin ringan, termasuk dengan adanya wadah IPSM.

“Mudah- mudahan organisasi ini bisa semakin jos. Dengan adanya komunitas- komunitas yang bergerak di bidang sosial ini ikut membantu pemerintah, semoga penyandang masalah kesejahteraan sosial bisa semakin berkurang,” kata dia. (HS-08)

Share This

Temuan 44 Guru Positif Korona Sebelum PTM, Berkat Swab Antigen Masif

Dinsos PPKB Rembang Luncurkan Program Rak Sedekah, Warga Mampu Bisa Ikut Mengisi