in

Pengundian Lapak Bagi 1.912 Pedagang Dasaran Terbuka Pasar Johar Segera Dilakukan

Suasana Pasar Johar Tengah sebagian besar lapak dan kios sudah ditempati pedagang, belum lama ini. 

HALO SEMARANG – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang dalam waktu dekat ini atau tepatnya sebelum bulan Ramadan tahun ini akan melakukan pengundian lapak bagi pedagang Dasaran Terbuka (DT) di Pasar Johar.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nurkholis mengatakan ada sebanyak 1.912 pedagang DT yang saat ini masih berjualan di relokasi MAJT. Pengundian lapak untuk pedagang DT ini rencananya akan ditempatkan di Shopping Center Johar (SCJ) yang baru akan direnovasi pada tahun ini juga.

“Yang pedagang DT masih di MAJT karena belum mendapat undian lapak dan saat ini yang di MAJT ada sekitar 2.000 pedagang, 1.912 di antaranya pedagang DT, sisanya mereka yang sudah dapat undian tapi belum ditempati,” katanya, Selasa (1/3/2022).

Nurkholis menambahkan, pelaksanaan pengundian lapak bagi pedagang DT ditargetkan sebelum bulan puasa. Namun untuk penempatan pedagang masih menunggu renovasi SCJ yang rencananya selesai pada bulan Juni 2022 mendatang.

“Harapan kami yang sudah mendapat lapak di Johar dan sudah valid secara administratif untuk bisa segera ditempati, sehingga kami bisa menghitung sisanya, itu lebih enak, tinggal DT saja nanti masih menunggu,” jelasnya.

Pengundian sebelum bulan Ramadan tahun 2022, lanjut Nurkholis, juga masih akan melihat site plan yang dikerjakan oleh Distaru. Jika site plan masih belum rampung, maka Disdag belum bisa melakukan pengundian karena tidak bisa menghitung jumlah lapak tanpa adanya peta rencana yang jelas.

“Jika siteplan dari Distaru sudah jelas maka SCJ ini bisa kita undi di awal dan tinggal menunggu pembangunan lalu pedagang bisa masuk, tapi jika siteplan belum jelas maka pedagang harus menunggu dulu untuk pengundiannya,” paparnya.

Selain masih menunggu site plan SCJ, Nurkholis berharap permasalahan penataan Johar Cagar Budaya juga bisa segera selesai, sehingga Disdag bisa fokus untuk pengundian dan penataan di SCJ nantinya.

Sementara terkait dengan sewa relokasi MAJT, Nurkholis menyampaikan apresiasinya kepada pihak MAJT yang masih memberikan kelonggaran waktu agar pedagang masih bisa berdagang di kawasan relokasi MAJT hingga pembangunan SCJ rampung. (HS-06)

Bersedia Ladeni Si Serigala

Ratusan Pedagang Pasar Johar Bassement yang Sudah Menerima BAST Adakan Syukuran