in

Penguatan SP4N LAPOR!, Ini yang Dilakukan Kemenkominfo

Menkominfo Johnny G. Plate menunjukkan Nota Kesepahaman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!), secara virtual dari Jakarta, Kamis (9/9/2021). (Foto: kominfo.go.id)

 

HALO SEMARANG – Masyarakat kian dimudahkan untuk melakukan pengaduan secara online. Kehadiran Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengaduan. Kementerian Komunikasi dan Informatika pun berkomitmen memberikan dukungan dalam penguatan sistem tersebut.

Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan dukungan dalam pengelolaan aplikasi aduan layanan publik berbasis elektronik itu mencakup pemanfaatan teknologi informasi dan penguatan komunikasi publik. Selain dukungan pemanfaatan teknologi informasi, kemenkominfo akan memperkuat komunikasi publik melalui sinergi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah guna meningkatkan kesadaran, pemahaman, serta partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan SP4N LAPOR! sebagai aplikasi pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik yang terintegrasi.

“Melalui Memorandum of Understanding (MoU) ini, Kominfo berkomitmen terus memberikan dukungan teknis melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan dan implementasi SP4N LAPOR!,” ujar Menkominfo dalam penandatanganan Nota Kesepahaman SP4N LAPOR! yang berlangsung virtual, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

“Penerapan pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik,” kata dia.

Menteri, lebih lanjut, menuturkan tata kelola perlindungan data pribadi dan keamanan siber dalam pengelolaan sistem elektronik juga perlu mendapatkan perhatian serius. Pasalnya jangan sampai data pribadi masyarakat yang mengadu justru tidak aman karena bisa dimanfaatkan pihak lain.

Menurut dia SP4N LAPOR! merupakan upaya nyata guna meningkatkan akses dan kualitas pelayanan digital bagi masyarakat, termasuk dalam hal ini pelaporan pelayanan publik berbasis elektronik.

“Penguatan kolaborasi melalui penandatanganan MoU hari ini merupakan satu langkah maju menuju transformasi digital yang terus diupayakan percepatannya oleh pemerintah,” kata Johnny.

Sejak ditetapkan pada 2015, SP4N LAPOR! adalah aplikasi pengaduan layanan publik satu pintu yang terintegrasi secara nasional. Melalui Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), SP4N LAPOR! kini menjadi bagian dari SPBE.

Menkominfo menilai SP4N LAPOR! merupakan bagian dari percepatan penerapan SPBE. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo senantiasa memberikan dukungan terhadap pengembangan SP4N LAPOR! sejak tahun 2020.

Dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani tahun 2016, SP4N LAPOR! melibatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Kantor Staf Presiden (KSP), dan Ombudsman RI. Namun, tahun ini, Nota Kesepahaman melibatkan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kominfo.

“Penandatanganan MoU pada hari ini kemudian menegaskan kembali dukungan yang diberikan Kementerian Kominfo terhadap SP4N LAPOR!,” ujar Menteri.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada menteri dan pimpinan lembaga negara yang telah mencapai kesepakatan melalui Nota Kesepahaman SP4N LAPOR!.

“MoU ini memiliki nilai yang strategis karena pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya,” ujar Mahfud.

“Saya berharap pengelolaan pengaduan dapat berjalan efektif, efisien, serta memberikan kemudahan dalam penggunaannya,” katanya.(HS)

Share This

Aplikasi Dolan Banyumas Sajikan Informasi Kepariwisataan Banyumas

Disemangati Ganjar, ‘Spiderwoman’ Asal Jateng Targetkan Juara di PON