Pengelolaan Administrasi dan Keuangan Transparan, BUMDes Mororejo Raih Predikat Terbaik Se-Kendal

Penyelenggaraan “Pop Up Market Road Show”, di Objek Wisata Pantai Ngebum. (Foto : Dok)

 

HALO KENDAL – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, menggelar “Pop Up Market Road Show” di Objek Wisata Pantai Ngebum, Minggu (28/3/2021).

Ketua BUMDes “Moro Berkah” Desa Mororejo, Fakih mengatakan bazar ini diikuti BUMDes di Kecamatan Kaliwungu.

“Kami adakan bazar UMKM Kecamatan Kaliwungu. Kami prioritaskan untuk olahan dari produk-produk UMKM Desa Mororejo,” kata dia.

Faqih berharap kegiatan seperti ini sering dilaksanakan dalam rangka membangkitkan semanagt UMKM. Sehingga bisa mengembalikan perekonomian warga.

“Sesuai pesan Pak Menteri Perekonomian dan pak Kemendes, bahwa untuk pemulihan ekonomi dimulai dari desa, salah satunya pengembangan UMKM yang ada di desa-desa,” ungkapnya.

Faqih menambahkan, BUMDes yang dipimpinnya selama ini selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Mororejo.

“Alhamdulillah selama ini bersinergi, BUMDes punya program apa selalu berkomunikasi dengan Pemdes, begitu pula sebaliknya. Jadi terjalin sinergitas yang baik,” jelasnya.

Ditambahkan, berkat administrasi yang baik dan pengelolaan keuangan yang transparan, maka BUMDes Moro Berkah mendapatkan predikat BUMDes terbaik.

“Alhamdulillah pada tahun 2020, BUMDes Moro Berkah mendapat predikat BUMDes terbaik satu-satunya di Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mororejo, Jumrotun Kamal Mustafa mengaku produk unggulan dari UMKM di daerahnya adalah olahan dari hasil laut.

“Ada dendeng Bandeng cabut duri, itu yang menjadi unggulan UMKM desa kami. Selain dendeng ada pepes bandeng, ada otak-otak bandeng dan kerupuk udang, serta rempeyek dari udang juga dan terasi. Semua ini adalah binaan PKK Desa Mororejo,” paparnya.

Dirinya berharap, produk UMKM Desa Mororejo pemasarannya lebih luas, selain itu juga jumlah UMKM semakin bertambah.

“Karena dengan bertambahnya UMKM, maka akan meningkatkan perekonomian warga Desa  Mororejo. Selain itu, kami juga menginginkan adanya pelatihan-pelatihan bagi UMKM di desa kami, sehingga bisa menemukan berbagai inovasi untuk produknya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kamal Mustafa mengungkapkan, pihaknya bersama BUMDes akan mengembangkan objek wisata Pantai Ngebum di wilayah sebelah barat.

“Di sana ada sungai yang akan kami bangun menjadi kolam, sehingga bisa sebagai objek wisata juga dan bisa memecah pengujung pariwisata agar tidak fokus di Pantai Ngebum saja,” jelasnya.

Kamal berharap, adanya perhatian pemerintah daerah dalam pengembangan potensi wisata di Kabupaten Kendal.

“Ya kami berharap kepada pemerintah untuk bisa mensupport kami dalam pengembangan desa,” pungkas Kades. (HS).

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.